Latihan Bersama TNI AL – US Navy Tingkatkan Kemampuan Operasi Udara Maritim

0

Koran Jurnal, Jakarta – Dalam rangka Subject Matter Expert Exchange (SMEE) dan DV Flight P-8 US Navy dalam bidang operasi maritim, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali melaksanakan joy flight on board di Pesawat United States Navy (P-8 Poseidon USN) di Base Ops Lanudal Juanda Puspenerbal, Jum’at (15/12/2023).

Tujuan dari pelaksanaan SMEE tersebut adalah meningkatkan kerjasama, profesionalisme personal, memberi kesempatan untuk sharing pengetahuan yang dapat mengembangkan kerjasama yang lebih besar sekaligus membangun persahabatan antar kedua Angkatan Laut khususnya dibidang operasi maritim.

Pada kesempatan ini, US Navy berbagi ilmu pengetahuan dan wawasan terkait operasi laut Anti Ship Warfare (ASW) dan Anti Submarine Warfare (ASuW) yang dapat dilaksanakan oleh pesawat P-8A Poseidon Angkatan Laut Amerika Serikat. Selain itu juga sharing terkait ilmu dan pengetahuan pertahanan laut kedepan.

Dalam berbagai kesempatan, Kasal menyampaikan kepada seluruh jajaran TNI AL untuk meningkatkan kualitas SDM sebagai prioritas utama dalam mencapai kejayaan Angkatan Laut, Jalesveva Jayamahe.

“TNI AL terus memfokuskan diri untuk mencapai kekuatan yang siap dioperasionalkan dalam bentuk kesiagaan dan kesiapan yang tinggi untuk menghadapi tantangan ke depan,” pungkas KSAL.(disp)