TNI Angkatan Laut Mengikuti 8th Indian Ocean Naval Symposium 2023 Bangkok  

0

Koran Jurnal, Jakarta – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) sebagai delegasi Indonesia mengikuti 8th Indian Ocean Naval Symposium (IONS) 2023 di Bangkok, Thailand.

Delegasi Indonesia yang mewakili Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali diantaranya Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Budi Purwanto, Kapuskodal Kolonel Laut (P) Rio Henrymuko, Staf Ban IV Sopsal Letkol Laut (P) Albertus Mario dan Staf Ban V Sopsal Mayor Laut (P) M. Amarullah.

8th IONS yang diikuti oleh delegasi 27 negara terdiri dari 19 negara member dan 8 negara observer berlangsung selama 5 hari mulai 18-22 Desember 2023, dengan tema “Blue Economi : Ways Forward for Sustainable Development of IONS Members States”.

IONS yang dihelat dua tahunan tersebut bertujuan betapa pentingnya menjaga keamanan maritim serta pembangunan ekonomi maritim yang berkelanjutan selain itu sebagai platform konsultasi, diskusi, dan pertukaran pengetahuan dan pengalaman di antara negara-negara anggota. Fokusnya adalah pada peran Angkatan Laut atau keamanan maritim lembaga-lembaga dalam berpartisipasi aktif untuk pengembangan ekonomi biru yang berkelanjutan.

Kegiatan pada hari pertama dilaksanakan acara Ice Breaking di Anantara Riverside Bangkok Resort, yang kemudian pada hari kedua kegiatan symposium diawali dengan presentasi utama oleh Menteri Pertahanan, Kerajaan Thailand Sutin Klungsang tentang “Blue Economi : Ways Forward for Sustainable Development of IONS Members States”.

Kemudian dilanjutkan dengan diskusi panel 1 tentang “Cooperation on HADR : Providing Assistance, Protection and Preservation of Maritim Environment in ION Region”, diskusi panel 2 tentang “Networking and Information Sharing : Enabling Sustainable and Resilient Blue Economy”, dan diskusi panel 3 tentang “Cooperation on MARSEC : Security is Foundation for Prosperous and Sustainable Blue Economy”.

Dalam Symposium tersebut perwakilan Indonesia yang diwakili Kapuskodal Mabesal Kolonel Laut (P) Rio Henrymuko selaku panelist berperan aktif dalam memaparkan “Indonesia Navy Role and Blue Econimy in Indian Ocean Region”.

Selesai acara diskusi panel, dilanjutkan dengan serah terima Chairmanship dari negara Perancis kepada negara Thailand dan diakhiri dengan sesi foto bersama.(disp)