Danpushidrosal Courtesy Call ke Kementerian BPN/Bappenas

0

Koran Jurnal, Jakarta – Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Budi Purwanto mengadakan Courtesy Call ke Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) bertempat di Kantor Kementerian PPN/Bappenas, Jakarta Pusat, Selasa (6/2/2024).

Dalam kunjungannya Danpushidrosal didamping Asopssurta Danpushidrosal Laksamana Pertama TNI Dyan Primana Sobarudin, Asrena Danpushidrosal, Dansatsurvei Pushidrosal, Kadisosemet, Kadisnautika, Kadispeta dan Korsmin Pushidrosal yang diterima langsung oleh Menteri PPN/Ka Bappenas Suharso Monoarfa beserta Deputi Bidang Politik, Hukum, Pertahanan dan Keamanan Bogat Widyatmoko, Direktur Pertahanan dan Keamanan Erik Armundito, Direktur Kelautan dan Perikanan Mohamad Rahmat Mulianda serta Deputi Bidang Kemaritiman Sumber Daya Alam Dr. Vivi Yulaswati.

Courtesy Call tersebut dimaksudkan sebagai ajang silaturahmi antara Pushidrosal dan Kementerian PPN/Bappenas, sekaligus untuk meningkatkan kerja sama antara kedua institusi.

Dalam kunjungannya Danpushidrosal menyampaikan bahwa Pushidrosal bertugas menyelenggarakan operasi survey pemetaan Hidro-Oseanografi militer maupun nasional yang meliputi survey, penelitian, pemetaan laut, publikasi, keselamatan navigasi pelayaran serta menyiapkan data dan informasi di wilayah yurisdiksi nasional dalam rangka mendukung kepentingan TNI maupun Publik untuk pertahanan negara dan pembangunan nasional.

Selain itu Pushidrosal bukan hanya sebagai lembaga hidrografi militer saja, namun sekaligus sebagai lembaga hidrografi nasional sekaligus merupakan wakil resmi pemerintah yang membidangi hidrografi sekaligus menjadi anggota International Hydrogrpahic Organization (IHO).

Dengan status menjadi lembaga nasional maupun internasional, Pushidrosal harus menghasilkan produk-produk peta laut Indonesia maupun publikasi nautika lainnya dengan standar yang dipersyaratkan oleh IHO untuk menjamin keselamatan pelayaran di seluruh perairan Indonesia.(disp)