Diskes Pushidros TNI AL Gelar Latfungkes I Tahun 2024 

0

Koran Jurnal, Jakarta – Dinas Kesehatan (Diskes) Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) gelar Latihan Fungsi Kesehatan (Latfungkes) I Perorangan Dasar dan Profesi Diskes Pushidrosal tahun 2024 bertempat di ruang serbaguna pushidrosal, Jakarta Utara, Rabu (20/3/2024).

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Pushidrosal Kolonel Laut (K) dr. Imam Syuhada, M.Kes., Sp. THT-KL., M.Tr.Han. selaku Papelat membuka Latfungkes I Perorangan Dasar dan Profesi Diskes Pushidrosal yang diikuti sebanyak 35 orang terdiri dari 20 peserta dan 15 pendukung diantaranya penilai, instruktur maupun pemateri.

Dalam amanatnya Kadiskes Pushidrosal menyampaikan, Latfungkes dilaksanakan sebagai Upaya untuk menjaga, meningkatkan pengetahuan, kemampuan, serta keterampilan Kesehatan dasar bagi personel Kesehatan Diskes Pushidrosal, khususnya dalam menangani korban trauma luka benda tajam dan terapi cairan infus pada pasien yang kekuranagn cairan akibat trauma dan non trauma untuk mendukung tugas sehari-hari maupun operasi dan Latihan.

Latihan ini dilaksanakan bertujuan untuk terwujudnya kesiapan personel Diskes Pushidrosal dalam pelaksanaan tugas pokok dan menambah wawasan pengetahuan dan keterampilan personel Diskes Pushidrosal sekaligus peserta dibekali juga dengan praktek dalam menangani pertolongan pertama jika terjadi kecelakaan kerja, dalam operasi dan Latihan.

Materi yang diberikan oleh Lettu Laut (K) dr. Willi Candra Saerang dan Letda Laut (K/W) dr. Anindya Rahma Isnawan pada Latfungkes meliputi penanganan pertolongan pertama dan lanjutan pada trauma luka benda tajam dan pemberian terapi cairan pada pasien yang kekurangan cairan akibat trauma atau non trauma.(disp)