Panglima TNI: 3.200 Kg Bantuan Kemanusiaan Berhasil Didrop Zone Gaza lewat Udara

0

Koran Jurnal, Jakarta – Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mengatakan, Indonesia berhasil mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk rakyat Palestina di Gaza. Pengiriman bantuan yakni melalui metode ‘air drop’ dengan menggunakan pesawat Hercules C-130 J (A-1340).

Adapun bantuan kemanusiaan yang dikirim yaitu sebanyak 20 paket dengan berat masing-masing 160 kilogram.

“Jadi total logistik yang berhasil sampai di drop zone Gaza adalah sebanyak 3.200 kilogram, yang berisi makanan dan obat-obatan yang dibutuhkan oleh saudara-saudara kita yang ada di pengungsian,” kata Jenderal Agus Subiyanto, dalam jumpa pers di Wisma Ahmad Yani, Jalan Taman Suropati, Menteng, Jakarta, Rabu (10/4/2024).

Disampaikan Jenderal Agus Subiyanto, bantuan itu berhasil dikirimkan atas perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui diplomasi Menteri Pertahanan dan Menteri Luar Negeri dengan Raja Yordania Abdullah II pada 21 Maret 2024 lalu.

“Jadi kontingen Indonesia berjumlah 27 orang dipimpin oleh Kolonel Penerbang Noto Casnoto telah berhasil melaksanakan air drop siang kemarin dengan Sandi Solidarity Path Operation,” ujar Jenderal Agus Subiyanto dalam jumpa pers di Wisma Ahmad Yani, Jalan Taman Suropati, Menteng, Jakarta, Rabu (10/4/2024).

Panglima TNI menjelaskan, metode penerjunannya menggunakan low cost low altitude pada ketinggian 2.000 feet. Pesawat berangkat dari King Abdullah II (KA2) Airbase Airport (OJKA) di Zarqa, Yordania, pada pukul 11.36 waktu setempat (15.36 WIB) dan mencapai lokasi penerjunan Dropping Zone (DZ) di Gaza pukul 12.50 waktu setempat (16.50 WIB).

“Selain itu juga kita menyerahkan payung sebanyak 900 payung. Nanti (payung tersebut) akan kita diserahkan kepada pihak Jordania dan nantinya akan digunakan untuk melaksanakan air drop oleh pasukan Jordania,” tambah Jenderal Agus Subiyanto.(**)