Pangkoopsud I Hadiri Penyambutan Pesawat A-1340 Usai Sukses Laksanakan Misi Air Drop Bantuan untuk Palestina

0

Koran Jurnal, Jakarta – Panglima Komando Operasi Udara I Marsda TNI Mohammad Nurdin hadiri Apel Penyambutan Pesawat C-130J-30 Super Hercules TNI AU dengan Tail Number A-1340 yang dipimpin oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., usai sukses dalam melaksanakan misi bantuan kemanusiaan via udara (air dropping) untuk Gaza, Palestina tepat di Hari Ulang Tahun TNI AU yang diperingati setiap tanggal 9 April lalu. Bertempat di Apron Lanud Halim Perdanakusuma. Dihadiri oleh Kasau, Kasal, Kasad dan Para Pejabat TNI lainnya, Kamis (11/4/2024).

Dalam Apel Penyambutan tersebut dilaksanakan pengalungan medali penghargaan dari Panglima TNI kepada Danwing Udara 1 dan Danskadron Udara 31 Halim Perdana Kusuma sebagai perwakilan dari seluruh personel Misi bantuan tersebut.

Selanjutnya Panglima TNI dalam amanatnya menyampaikan kebanggaan dan apresiasinya kepada seluruh personel yang ikut dalam misi bantuan tersebut, “Saudara sekalian telah berhasil sebagai duta Indonesia untuk membantu penderitaan rakyat Palestina. Saya ucapkan selamat datang di tanah air kepada seluruh terkait misi tersebut.”

Misi kemanusiaan untuk Palestina tersebut dengan sandi “Solidarity Path Operation” yang dipimpin oleh Mission Commander Kolonel Pnb Noto Casnoto yang sehari-hari menjabat sebagai Danwing Udara 1 Lanud HLM telah berhasil menerjunkan bantuan sebanyak 20 paket berupa makanan, air mineral hingga obat-obatan dengan berat masing-masing 160 kg dengan total keseluruhan 3200 kg di langit Gaza Palestina.

Untuk diketahui bahwa pengiriman bantuan tersebut berangkat dari Lanud HLM Jakarta, Jumat (29-3-2024) yang singgah dan melintasi beberapa negara dan kemudian dibawa menuju King Abdullah II Airbase Airport di Zarqa, Yordania, Selasa 9/4/2024 pukul 11.36 waktu setempat (15.36 WIB), dan mencapai lokasi Dropping Zone di Gaza melalui metode penerjunan low cost low altitude (LCLA) pada pukul 12.50 waktu setempat (16.50 WIB).(pen)