Gelar Video Conference, Pangarmabar Cek Kesiapan Tugas Lantamal serta Lanal Jajaran Koarmabar

0

Koranjurnal.co.id, Jakarta – Pangarmabar Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos., melaksanakan pengecekan kesiapan tugas Lantamal serta Lanal di jajaran Koarmabar melalui video conference di Puskodal Koarmabar, Mako Koarmabar, Jakarta Pusat, Rabu (21/02/2018).

Mengawali video conference, Pangarmabar memberikan ucapan terimakasih kepada Lantamal dan Lanal khususnya Lantamal IV Tanjung Pinang, Guskamlabar dan Lanal Batam atas kerjasamanya dalam mendukung keberhasilan penangkapan MV Sunrise Glory kapal pembawa sabu-sabu sebesar 1.037 ton di Perairan Selat Phillip oleh KRI Sigurot-864 beberapa waktu yang lalu. Dengan keberhasilan tersebut diharapkan agar semakin meningkatkan pengawasan serta intensitas operasi di jalur perairan rawan di daerah masing-masing.

Selain itu, Pangarmabar menekankan agar para Danlantamal maupun Danlanal melakukan pengecekan terhadap senjata di gudang senjata agar tidak terjadi penyalahgunaan senjata api organik. Cek dan ricek terhadap personel yang memegang senjata api dengan mengadakan pengawasan dan pemeriksaan security clearance (SC) secara berkala.

Selanjutnya Untuk menghadapi Pilkada 2018 dibeberapa daerah, Pangarmabar mengharapkan para Danlantamal maupun Danlanal menekankan kepada prajuritnya agar menjaga netralitas sesuai arahan dan perintah Panglima TNI dan Kasal. Sedangkan bagi keluarga prajurit dan PNS yang memiliki hak pilih agar mengunakan hak pilihnya secara bijak dan ikuti peraturan pemerintah yang berlaku.

Sementara itu, Pangarmabar menyampaikan rencana alih bina 3 KRI jenis PKR dan 1 KRI jenis Korvet ke jajaran Koarmabar sudah disetujui oleh Kasal dan akan dilaksanakan pada medio Maret. Hal ini menjadikan jenjang karir perwira Koarmabar menjadi lebih luas dan agar kesempatan ini digunakan sebaik-baiknya untuk meningkatkan profesionalisme para prajurit Koarmabar.

Diakhir komunikasi video conference tersebut, Pangarmabar Laksda TNI Aan Kurnia, S.Sos memerintahkan kepada para Danlantamal serta Danlanal jajaran Koarmabar untuk lebih memperhatikan Hirarki dan rantai komando TNI AL di setiap pelaksanaan tugas. Selain itu juga agar menjaga hubungan baik dengan para pensiunan melalui wadah PPAL (Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut) di daerahnya masing-masing dengan mengadakan kunjungan silaturahmi kepada para pensiunan dan turut aktif dalam kegiatan Yayasan TNI AL.

Turut hadir dalam video conference tersebut Danguspurlabar Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah, S.E., Aslog Pangarmabar, Asops Pangarmabar serta Asintel Pangarmabar.(tonmp/Disp)