Ciptakan “Mock Up Transponder” Sathar 23 Raih Kemenangan KCT TNI Katagori Non Alutsista Tahun 2018

0

Koranjurnal.co.id, Jakarta – Tim Karya Cipta Teknologi (KCT) dan Karya Tulis Ilmiah (KTI) Sathar 23 terdiri dari Kapten Lek Barry Sugiharto, Lek Fuad Fauzi, Lettu Lek Jaka Ryan Argadinata, S.T.Han dan Peltu Boniman berangkat menuju Dislitbangau di Bandung beberapa waktu lalu, untuk mengikuti Lomba Kreativitas Prajurit/PNS di lingkungan TNI Program Mabes TNI TA. 2018.

Tim dari Sathar 23 lolos sebagai Finalis di posisi 5 besar dari 38 peserta dan KTI yang dikonsepkan oleh Kapten Lek Barry sebagai finalis 6 besar dari 47 peserta, dalam penulisan Naskah Rancang Bangun Mock Up ATC Transponder TDR-90 guna meningkatkan kesiapan pesawat C-212 Cassa, AS/NAS-332 Super Puma, KT-1 Wong Bee dan SU-27/30 Sukhoi dalam rangka mendukung pelaksanaan kegiatan operasi TNI untuk KCT dan konsepsi Live Video Cockpit View pada Pesawat Angkut TNI Angkatan Udara dalam rangka meningkatkan Analisis Hasil Terbang dan Lambangja pada masa mendatang.

Tim Karya Cipta Teknologi (KCT) dan Karya Tulis Ilmiah (KTI) Sathar 23 yang dipimpin Kapten Lek Barry Sugiharto Tim berangkat ke Bandung untuk mengikuti Final dengan memaparkan hasil karya mereka ciptakan dan konsepsikan kepada Dewan Juri yang terdiri dari masing-masing Matra yakni TNI AD, AL dan AU.

Mock Up ini merupakan alat bantu yang digunakan untuk memperbaiki peralatan Avionik Transponder dengan tipe TDR 90, yang dipakai oleh pesawat C-212, Heli Superpuma, KT-1 Wong Bee dan salah satu pesawat tempur kebanggaan Indonesia yaitu Sukhoi,” jelas Kapten Lek Barry.

Dengan alat yang mereka ciptakan terhadap Satuan Pemeliharaan 23 di ruang lingkup TNI dan paparan yang memuaskan para dewan Juri, Tim Sathar 23 memperoleh nominasi Juara 2 kategori Karya Cipta Teknologi di tahun 2018. “Ini merupakan salah satu inovasi yang baik dan patut di contoh dari jiwa keprajuritan, agar dapat terus mendukung kegiatan operasional TNI dan bangsa Indonesia dalam mempertahankan Kedaulatan NKRI,” ungkap Komandan Sathar 23 Letkol Lek Steven F. Lumenta, M.Han. usai acara Lomba Kreativitas Prajurit/PNS di lingkungan TNI.(red/Pusp)