Dirgahayu ke-74 Angkatan Laut, Bersama Rakyat TNI AL Siap Membangun SDM Unggul Fondasi Indonesia Maju

0

Koran Jurnal, Jakarta – TNI Angkatan Laut memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-74. Acara hari jadi itu dirayakan dengan upacara peringatan HUT ke-74 TNI AL, di komplek Dermaga Pondok Dayung Koarmada I, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (10/09/2019).

Pada HUT ke-74 tahun 2019 ini, TNI AL berharap menjadi institusi yang menopang pembangunan sumber daya manusia yang unggul untuk Indonesia maju.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji menyebut tahun ini akan menjadi tahun prioritas untuk membangun sumber daya manusia (SDM). Hal ini sejalan dengan visi pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Selaras dengan visi pemerintahan ke depan, area yang menjadi fokus utama untuk TNI AL tahun ini adalah peningkatan pembangunan SDM karena tingginya tingkat profesionalisme,” ucap Siwi dalam sambutannya.

KSAL mengatakan, pertahanan sebuah negara bukan hanya setara fisik atau kekuatan militer, tapi juga berasal dari kualitas sumber daya manusia.

“Pada HUT hari ini, tema yang diambil adalah ‘Bersama Rakyat TNI AL Siap Membangun SDM Unggul Fondasi Indonesia Maju’. Perlu kita sadari bersama bahwa kekuatan pertahanan sebuah negara terukur dalam konsep fisik dan moral. Dalam faktor sumber daya manusia, di situlah unggulnya,” ucap Siwi.

Dalam peringatan HUT ke-74 TNI AL, juga dilaksanakan penyematan penganugerahaan tanda kehormatan Satya Lencana Kesetiaan VIII, XVI dan XXIV tahun. Selain itu, juga menampilkan demonstrasi upacara parade dan defile yang melibatkan pasukan upacara yang terdiri dari 1 unit Korsik gabungan Mabesal, Lantamal III Jakarta dan Lanmar Jakarta, kelompok Panji TNI AL, 1 Satuan Setingkat Kompi (SSK) Perwira gabungan (Pamen dan Pama) dari Mabesal, Kormar dan Kolinlamil, 1 Satuan Setingkat Batalyon (SSY) Gabungan dari Puspomal dan Kowal, 1 SSY Bintara gabungan dari Koarmada I dan Kolinlamil, 1 SSY Tamtama Gabungan dari Kolinlamil, Pushidrosal dan Seskoal, 1 SSY Marinir dari Kormar, 1 SSY Gabungan dari Dislambair dan Puspenerbal, 1 SSY Gabungan Kopaska dengan Taifib 1 SSK gabungan Kompi PNS dan Kompi Gabungan Saka Bahari.

TNI Angkatan Laut menampilkan demonstrasi-demonstrasi gabungan yang terdiri dari Kopaska Martial Art Koarmada I, Aikido Kopaska Koarmada I, Tim Karate Koarmada l. Jiu Jitsu Dislambair Koarmada l, serta unsur KRI dan Ranpur antara lain: KRI Bung Tomo-357, KRI Sutanto-377, KRI Sultan Thaha Syaifuddin-376, KRI Sembilang-850, KRI Torani-860. KRI Teluk Cirebon-543 den 4 Unit BTR.

Pada kesempatan tersebut juga digelar Naval Base Open Day dengan kegiatan pameran Alutsista TNI AL yang akan menampiikan kapal perang dan helikopter TNI AL. Selain itu luga digelar demo terjun payung oleh penerjun dari prajurit Kopaska dan Marinir, serta panggung hiburan dan bazar yang dibuka untuk masyarakat umum.

Sebelumnya telah dilaksanakan pula berbagai rangkaian kegiatan dalam menyambut HUT ke-74 TNI AL, diantaranya pengobatan umum yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan (Diskes) Koarmada I, pengobatan massal dan donor darah bekerja sama dengan PMI DKI Jakarta, dan bhakti sosial (Baksos) kemasyarakatan yang dilaksanakan oleh Dinas Potensi Maritim (Dispotmar) Koarmada I, serta ziarah ke Taman Makam Pahlawan Nasional Katibata dengan melibatkan 200 personel dan Koarmada I serta Lantamal lll Jakarta.(red)