Kopban: Pengemudi BeU Jek Online sebagai Wirausaha Bukan Mitra Kerja

0

Koran Jurnal, Jakarta – Jasa transportasi berbasis online BeU Jek resmi mengaspal di tanah air. Ojek online ini menambah pilihan pengguna bisnis ride hailing jadi salah satu bisnis yang punya potensi cukup besar di Indonesia. Setelah hadirnya Grab dan Gojek, kini hadir aplikasi transportasi online BeU Jek yang berbadan hukum koperasi dibawah naungan Koperasi BeU Abadi Nusantara.

Eka Maulana, Ketua Umum Koperasi BeU Abadi Nusantara (Kopban) menjelaskan, pengguna aplikasi ojek online BeU Jek baik pengemudi dan pelanggan dapat menikmati banyak keuntungan yang diperoleh.

“Keunggulan bagi driver yang kami sebut wirausahawan ini adalah gratis pendaftaran, mendapatkan bonus saldo perdana dalam aplikasi sebesar Rp 50.000,-, jaminan kecelakaan dan kehilangan, menjadi bagian anggota koperasi dan tidak ada batas zona lokasi, berusaha di Beujek bisa menyejahterahkan pengemudinya karena mereka anggota koperasi kita,” jelas Eka Maulana dalam peluncuran BeU Jek, di kawasan Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Sabtu (05/10/2019).

Eka menyebut wirausahawan BeU Jek akan menerima bonus yang disebut Bonus Tri BeU Jek, yaitu Bonus harian yang hanya dikenakan bagi hasil 25 hari kalender, 5 dan 6 hari bebas potongan di mana pemotongan secara flat Rp 30.000/hari untuk kota dan provinsi, dan pemotongan flat Rp 15.000,- untuk kota – kabupaten.

“Bonus bulanan berupa gratis oli 1 liter, beras 5 kg, minyak goreng 1 liter dan gula pasir 1 liter,” tambahnya.

Sedangkan bonus tahunan, lanjut Eka,  diadakan pemilihan usahawan terbaik, dan wirausahawan mendapatkan bagi hasil tahunan.

Dia mengatakan, pelayanan BeU Jek online kini sudah beroperasional hampir di semua provinsi di Indonesia.

“Kami berharap pelayanan ini bermanfaat bagi masyarakat Indonesia,” ucap Eka.

Selain itu, sambung Eka, BeU Jek juga memberikan keuntungan bagi pelanggan apabila mendowload aplikasi BeU Jek, akan menerima saldo sebesar Rp 50.000,-, yang dapat dipergunakan untuk membayar berbagai perjalanannya.

Berikut layanan aplikasi BeU Jek terdiri dari BeU Ride, BeU Car, BeU Paket, BeU Foid, BeU Truck, BeU Jago, dan BeU Apotek.

Diketahui aplikasi BeU Jek digagas oleh Eka Maulana bersama dengan 42 rekannya.

Turut hadir dalam acara launching aplikasi BeU Jek, Deputi SDM Kemenkop, perwakilan dari Korlantas Polri, dan sejumlah mitra usaha.

Salah seorang Pengemudi BeU Jek berharap mendapatkan penghasilan lebih dari kegiatan ojek online yang berada dibawah naungan Kopban Beujek ini, dimana setiap bulan dan akhir tahunnya mendapat sisa hasil usaha, karena sebagai salah seorang anggota pemilik koperasi. Berbeda dengan aplikasi ojek lain, yang hanya menjadi mitra kerja.

“BeU Jek sangat berbeda dengan aplikasi lainnya, kita dibawah naungan koperasi bukan perusahaan sehingga driver otomatis menjadi anggota koperasi, dan juga kita mendapat kredit motor tanpa DP,” ucap Andi salah seorang pengemudi BeU Jek kepada wartawan.(red)