Komjen Idham Azis Jadi Kapolri

0

Koran Jurnal, Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akhirnya mengumumkan Kabareskrim Komjen Pol Drs. Idham Azis. Msi, untuk menduduki jabatan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) menggantikan Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D yang telah diangkat oleh Presiden Jokowi menjabat Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Pengumuman itu disampaikan Jokowi usai pelantikan para Menteri Kabinet Indonesia Maju.

“Pengganti Kapolri sudah kami ajukan hari ini ke DPR, Pak Idham Azis, Kabareskrim,” tegas Presiden Jokowi saat ditanya oleh wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Bahkan secara tegas Jokowi memastikan hanya satu nama yang direkomendasikan untuk menggantikan posisi yang ditinggalkan Pak Tito Karnavian.

“Iya, satu nama saja,” kata Presiden Jokowi.

Informasi mengenai Komjen Idham Azis sebagai calon Kapolri sudah disampaikan Mendagri Tito Karnavian. Mantan Kapolri menyebut, nama Komjen Pol Idham Azis sebagai calon Kapolri sudah diserahkan ke Setneg.

Komjen Pol Drs Idham Azis adalah nama yang tidak asing lagi di jajaran Polri. Kariernya di korps Bhayangkara terbilang sangat baik dan memuaskan.

Nama Komjen Pol Idham Azis menjadi sorotan saat mengamankan berbagai aksi demo dan protes atas kasus penistaan agama yang dilakukan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Komjen Pol Idham Azis adalah orang paling depan yang mengamankan aksi massa yang sempat berujung ricuh pada aksi 411 di depan Istana kala itu.(kbp/red)