Serbuan Vaksinasi Kostrad Siap Dukung Percepatan Herd Immunity

0

Koran Jurnal, Jakarta – Untuk mendukung kampanye pemerintah dalam mencegah penyebaran virus Covid-19 di tanah air pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa dan Bali, Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad), Letjen TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M., memimpin acara pemberangkatan mobil Vaksin Fast Lab dalam rangka Serbuan Vaksin Covid-19 di Satuan Jajaran (Satjar) Kostrad, bertempat di Markas Kostrad, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (13/07/2021).

Sehubungan dengan itu, berbagai upaya sudah dilakukan pemerintah untuk menanggulangi penyebaran Covid-19, diantaranya adalah kegiatan yang laksanakan Kostrad hari ini yaitu pemberian vaksinasi kepada masyarakat secara massal, turun ke lokasi tanpa harus masyarakat datang ke pusat kesehatan setempat.

Pangkostrad dalam sambutannya menyampaikan, bahwa vaksinasi merupakan bentuk usaha membentengi diri dari infeksi pandemi Covid -19. Kita tidak perlu khawatir tentang vaksin ini, karena pemerintah telah menjamin vaksin yang diberikan kepada masyarakat adalah halal, aman dan dapat memberikan banyak manfaat.

Manfaat pemberian vaksin Covid-19 diantaranya adalah mencegah terkena atau mengalami gejala Covid-19 berat, karena vaksinasi adalah proses di dalam tubuh dimana seseorang menjadi kebal atau terlindung dari suatu penyakit. Vaksinasi Covid-19 juga bisa mencegah kita menyebarkan virus Covid-19 ke orang lain jika cakupan vaksinasi luas dan merata di suatu daerah, maka akan terbentuk kekebalan kelompok (Herd Immunity) agar masyarakat menjadi lebih produktif dalam menjalankan aktivitasnya.

“Acara serbuan vaksin dan pembagian 20.000 paket sembako merupakan salah satu wujud nyata Kostrad dalam upaya melaksanakan program Pemerintah mengabdi kepada Negara bekerjasama dengan para mitra untuk meringankan kesulitan warga masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19,” ujar Pangkostrad.

“Saya atas nama pribadi dan Panglima Kostrad mengucapkan terima kasih kepada seluruh mitra dari berbagai instansi/perusahaan, atas segala upaya yang telah dilaksanakan sehingga acara serbuan vaksin ini dapat berlangsung. Kepada penyelenggara, laksanakan tugas mulia ini dengan penuh rasa tanggung jawab, berikanlah pelayanan yang terbaik dengan dilandasi ketulusan dan perhatian yang maksimal,” ujar Pangkostrad mengakhiri sambutannya.

Serbuan vaksin dilaksanakan selama empat hari, yaitu mulai tanggal 13 s.d 16 Juli 2021 di lima titik, yang berlokasi di lapangan Yonarhanud 1 / Kostrad (Serpong, Tangeranag Selatan), lapangan Ajen Kostrad (Tanah Kusir), lapangan Zeni Kostrad (Srenseng Sawah), GOR Brigif Para Raider-17 Kostrad (Cijantung) dan di Wisma Atlet Divisi Infanteri-1 Kostrad (Cilodong, Depok), dengan sasaran keluarga besar TNI dan masyarakat setempat.

Hadir pada kegiatan tersebut Kaskostrad Mayjen TNI Ainurrahman, Ir Kostrad Mayjen TNI Ilyas Alamsyah, Wair Kostrad, Kapoksahli Pangkostrad, Asren Kostrad dan para Asisten Kaskostrad, para Pamen Ahli, para Irut, para Waas, LO, Kabalak Kostrad, Principal Fast Lab Bapak Santoso Halim, Direktur KMS Bapak Richard Erlangga, Bapak Tri Junaedi dan Prof. Hadi Pranoto, Pimpinan Artha Graha Peduli, PT. Sayap Emas Utama, PT Indofood Tbk dan Yayasan Budha Suci dan insan Pers.(pen/red)