Danpushidrosal Resmi Tutup Latopssutra Hidros Tahun 2023

0

Koran Jurnal, Jakarta – Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Danpushidrosal) secara resmi menutup Latihan Operasi Survei dan Pemetaan Hidro-Oseanografi (Latopssurta Hidros) TA 2023 di ruang serbaguna Pushidrosal, Ancol Timur, Jakarta Utara, Rabu (31/5/2023).

Hadir dalam penutupan latihan tersebut antara lain Wadanpushidrosal Laksamana Muda TNI Budi Purwanto, perwakilan dari Mabes TNI AL, Lantamal III Jakarta, pejabat utama Pushidrosal, Wasdal, para pelaku, Evaluasi dan Penilai Latopsurta Hidros T.A 2023.

Dalam sambutannya, Danpushidrosal antara lain menyampaikan bahwa Latopssurta merupakan proses pembelajaran mulai dari tahap persiapan, perencanaan maupun pelaksanaan latihan yang meliputi Geladi Posko dan Geladi Lapangan.

Latihan ini merupakan kelanjutan dari latihan yang telah dilaksanakan secara parsial oleh satker-satker jajaran Pushidrosal dan menjadi puncak dari program penyelenggaraan latihan kegiatan Surta Hidros. Danpushidrosal mengucapkan terimakasih kepada Tim Wasdal, pelaku, evaluasi dan penilai atas terlaksananya latihan dengan baik dari tahap awal hingga selesainya latihan.

“Latopssurta adalah wujud nyata program pembinaan dan pengembangan kemampuan surta Hidros secara terus menerus dan berkesinambungan sehingga terwujud kesiapan operasi Pushidrosal yang senantiasa siap melaksanakan tugas operasi TNI AL baik OMP maupun OMSP,” kata Danpushidrosal

Latopssurta Hidros 2023 telah dilaksanakan selama 14 hari dengan melibatkan 236 personel, yang dibagi dalam dua tahap, yaitu tahap Geladi Posko dan Geladi Lapangan. Geladi Posko dilaksanakan di Mako Pushidrosal, sedangkan dalam tahap Geladi Lapangan mengambil lokasi di perairan Teluk Jakarta dengan melibatkan Unit Survei Pesisir, Unsur KRI, dan Unit bantu serta Staf pendukung yang melaksanakan kegiatan Operasi survei dan pemetaan yang meliputi hidrografi, oseanografi, meteorologi dan geografi maritim.(disp)