Parade Surya Senja, Penyerahan Jabatan Tambur Mayor Genderang Suling Gita Jala Taruna AAL

0

Koran Jurnal, Surabaya – Akademi Angkatan Laut (AAL) menggelar Parade Surya Senja dalam rangka serah terima jabatan Tambur Mayor Genderang Suling Gita Jala Taruna AAL dari Sermatutar (E) Benedict Rosel Sitorus kepada Sermadatar (T) Muhammad Rizky Aryananda, dilaksanakan di Lapangan Arafuru, Bumimoro, Surabaya, Selasa (11/7).

Acara ini menjadi suatu tradisi AAL menjelang berakhirnya masa pendidikan, yang pelaksanaannya dipimpin oleh Ketua Umum Jalasenastri Ny. Fera Muhammad Ali selaku Ibu Taruna AAL dan disaksikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, Gubernur AAL Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi, serta para Pejabat Tinggi TNI AL.

Parade Surya Senja adalah serangkaian upacara militer penurunan bendera Sang Merah Putih yang dilaksanakan pada sore hari menjelang matahari terbenam, dalam kesempatan tersebut dilaksanakan serah terima jabatan Tambur Mayor Genderang Suling Gita Jala Taruna AAL dari Taruna Tingkat IV kepada Taruna Tingkat III. Menjelang berakhirnya masa pendidikan di AAL, maka segala tanggung jawab Taruna paling senior terhadap Resimen Korps Taruna AAL diserahkan kepada Taruna yang lebih junior satu tingkat dibawahnya sebagai penerus kepemimpinan Resimen Korps Taruna AAL.

Dalam tradisi ini dilaksanakan penyerahan alat Genderang Suling dari Taruna AAL Tingkat IV Angkatan ke-68 kepada Taruna AAL Tingkat III Angkatan ke-69 dan pengukuhan Tambur Mayor.  Ibu Taruna AAL Ny.Fera Muhammad Ali yang ditandai dengan melepas pet Sermadatar (T) Muhammad Rizky Aryananda dan menggantikannya dengan pet Jambul Tambur Mayor Genderang Suling Gita Jala Taruna AAL.

Kemudian tradisi dilanjutkan dengan acara serah terima jabatan Tambur Mayor lama Sermatutar (E) Benedict Rosel Sitorus dengan cara melempar stick dari atas bass drum kepada Tambur Mayor yang baru Sermadatar (T) Muhammad Rizky Aryananda, diiringi dengan narasi dan irama Genderang Suling, hal ini menandakan pergantian tampuk kepemimpinan Genderang Suling Gita Jala Taruna AAL.

Pada rangkaian acara ini dimeriahkan dengan penampilan berbagai demonstrasi keterampilan Taruna AAL dan atraksi (display) Genderang Suling Gita Jala Taruna AAL, Kolone Senapan dan Bela Diri Militer oleh Taruna AAL.

Dalam kesempatan tersebut Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali berharap, Tradisi Parade Surya Senja dapat meningkatkan rasa tanggung jawab serta kebanggaan bagi Tim Genderang Suling Gita Jala Taruna AAL yang baru, sehingga mampu menunjukkan integritas sebagai Taruna paling senior untuk mengemban amanah yang diberikan, terlebih Taruna merupakan calon pemimpin TNI AL di masa depan.(disp)