Komandan Pushidros TNI AL Hadiri Pembukaan ‘Marine Spatial Planning & Services Expo’ 2023 

0

Koran Jurnal, Jakarta – Komandan Pusat Hidro-oseanografi TNI Angkatan Laut (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat menghadiri Pembukaan Marine Spatial Planning & Services Expo 2023 ke-2 di Hotel Pullman Jakarta Central Park, Selasa (19/9/2023).

Kegiatan yang akan digelar hingga 21 September 2023 tersebut resmi dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) RI Luhut Binsar Pandjaitan.

Dalam sambutannya Menko Marves antara lain menjabarkan bahwa dalam mewujudkan kedaulatan dan kejayaan maritim, perlu adanya rencana tata ruang wilayah nasional terintegrasi berwawasan nusantara. Oleh karena itu, Menko Marves juga menekankan bahwa estafet Deklarasi Djuanda dalam penataan ruang laut guna mewujudkan kedaulatan dan kejayaan maritim Indonesia.

Marine Spatial Planning & Services Expo 2023 merupakan wadah untuk mengembangkan literasi kemaritiman dalam bidang tata ruang laut dan darat yang terintegrasi serta pengembangan jasa kelautan. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut diisi dengan Seminar Nasional tentang masalah kemaritiman dan pameran dari stakeholder terkait.

Pada kegiatan tersebut, Pushidrosal juga membuka stand pameran dengan menampilkan alat-alat survei hidro-oseanografi, peta laut kertas maupun elektronik atau Electronic Navigation Chart (ENC), koleksi buku publikasi nautika serta Sistem Digitalisasi untuk Pengelolaan Pipa dan Kabel Bawah Laut, E-pipakabel.(disp)