Pushidrosal Disambangi Tim Safari Bintal Terpadu TA 2024, Wujudkan Mental Tangguh Prajurit Jalasena

0

Koran Jurnal, Jakarta – Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) disambangi oleh tim Safari Pembinaan Mental (Bintal) Terpadu TA 2024 bertempat ruang serbaguna Pushidrosal, Jakarta Utara, Senin (3/6/2024).

Dalam amanat Danpushidrosal Laksamana Madya TNI Dr. Budi Purwanto yang dibacakan Kapoksahli Danpushidrosal Laksamana Pertama TNI Siswanto mengatakan, kegiatan safari Bintal terpadu ini merupakan wujud investasi nyata dalam membentuk prajurit TNI Angkatan Laut yang profesional, modern dan tangguh.

Tidak hanya memiliki kekuatan fisik, tetapi juga ketahanan mental dan emosional. Hal tersebut dilakukan dengan menggabungkan pengamalan terhadap ajaran agama mental rohani dan memantapkan mental ideologi dan keterampilan psikologi kinerja dilengkapi pengembangan karakter dan mengajarkan pola pikir prajurit yang bermental baja.

Lebih lanjut, keberanian, ketahanan dan kemampuan untuk mengatasi tekanan adalah bagian penting di tengah dinamika tugas yang semakin kompleks. Bintal Fungsi Komando ini adalah salah satu langkah konkret yang di ambil untuk memastikan bahwa prajurit jalasena tidak hanya siap menghadapi tantangan fisik tetapi juga memiliki kesiapan mental yang tinggi.

Pelaksanaan Safari Bintal Terpadu TA 2024 disampaikan oleh Kadisbintalal Brigjen TNI (Mar) Sandy Muchjidin Latief dengan tema “Membentuk Prajurit TNI Angkatan Laut Yang Bermental Tangguh Dan Berakhlak Mulia Serta Memiliki Jiwa Nasionalisme, Militan, Rela Berkorban, Pantang Menyerah Dan Sehat Pshikis”.

Kadisbintalal menyampaikan bahwa pembinaan mental merupakan salah satu implementasi dari Perintah Harian Kasal pertama yaitu “Perkuat keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan pengabdian yang penuh dengan ketulusan serta rasa keikhlasan hati sebagai Prajurit TNI AL dalam menjaga kedaulatan dan keamanan negara di laut”.(disp)