Danpuspomad: Sikap Profesional dan Modern adalah Wujud Jati Diri Prajurit POMAD

0

Koran Jurnal, Jakarta – Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Darat (Danpuspomad) Mayjen TNI Rudi Yulianto memimpin Apel Korps Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Polisi Militer TNI Angkatan Darat (POMAD), di lapangan Puspomad, Jakarta, Senin (24/06/2019).

“Saya selaku pimpinan korps mengucapkan selamat HUT ke-73 POMAD, kepada segenap Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil POMAD beserta keluarga dimanapun berada dan bertugas, teriring ucapan terima kasih yang tulus dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pengabdiannya selama ini,” kata Danpuspomad.

Pada kesempatan sama, Danpuspomad juga tak lupa mengucapkan : “Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H Mohon Maaf Lahir dan Bathin” kepada para prajurit yang merayakan.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini perlu saya sampaikan bahwa POMAD diusianya yang ke-73, selaku generasi penerus mengajak dan mengingatkan kembali agar kita jangan sekali-kali melupakan sejarah, tentang bagaimana para pendahulu berjuang, mengabdi dan berkorban dengan tulus dan ikhlas demi kejayaan korps TNI, bangsa dan negara,” ujar Jenderal TNI bintang dua ini.

Dia menekankan, para prajurit agar terus mampu menjaga dan menjunjung tinggi nama baik Korps POMAD dengan komitmen dan tekad yang kuat untuk mampu melaksanakan tugas pokok secara maksimal dengan memiliki kemampuan yang tinggi serta berpegang teguh kepada nilai-nilai moral dengan merujuk pada sifat-sifat yang dimiliki oleh Patih Gajah Mada yang tertuang dalam Panca Dharma Korps Yang berbunyi Sifat Ksatria, Sifat Bijaksana, Pantang Mundur, Kebesaran Hati dan Kejujuran.

“Itulah tekad dan semangat yang harus terus selalu ditanamkan di dalam sanubari prajurit POMAD, dan untuk diimplementasikan di dalam kedinasan maupun di dalam kehidupan bermasyarakat, sehingga sifat-sifat yang tertuang di dalam Panca Dharma Korps bukan hanya slogan atau tulisan semata tetapi wujudkan dan tunjukanlah dalam pelaksanaan tugas sehari-hari,” tegas Danpuspomad.

Demikian halnya menyikapi perkembangan zaman yang diiringi meningkatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini, sehingga tantangan tugas POMAD ke depan semakin kompleks dan dinamis.

“Oleh karenanya saya mengajak kepada seluruh prajurit dan PNS POMAD harus mampu dan menguasai perkembangan tersebut dengan belajar dan berlatih agar dapat melaksanakan tugas pokoknya secara profesional. Disamping itu juga prajurit POMAD harus mampu bersikap, berpikir serta bertindak sesuai dengan tuntutan zaman yang bersifat positif agar tidak terjerumus dalam hal penyalahgunaan media elektronik maupun media sosial yang dapat merugikan diri sendiri, satuan dan keluarga,” lugas Danpuspomad.

Tema peringatan HUT ke-73 POMAD tahun 2019 yaitu: “Polisi Militer Angkatan Darat Profesional dan Modern”. Menurut Danpuspomad, tema tersebut sangat tepat merepresentasikan komitmen wujud jati diri prajurit POMAD dalam mengemban amanah perjuangan rakyat dan mampu berbuat yang terbaik bagi korps, TNI bangsa dan negara.

“Satu hal penekanan saya, jagalah nama baik Korps POMAD dan tetap semangat dimanapun berada dan bertugas,” tandasnya.(ton/red)