Pantau Pasokan BBM di Tasikmalaya, Kepala BPH Migas: Badan Usaha Harus Pro Aktif

0

Koran Jurnal, Jakarta – Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Erika Retnowati melakukan pemantauan penyediaan dan distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) di wilayah Tasikmalaya, Jawa Barat pada Rabu (12/4/2023) kemarin.

Di sela-sela pemantauan, Erika menegaskan badan usaha perlu pro aktif menyediakan dan mendistribusikan BBM untuk masyarakat. “Stock di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) harus terus menerus dimonitor. Segera kirim jika stock menipis. Tidak perlu menunggu permintaan dari SPBU. Jangan sampai stock habis, baru dikirim. Harus pro aktif,” terangnya.

Selain itu, Erika menjelaskan tiga perhatiannya dalam penyediaan dan distribusi BBM selama Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri (RAFI) 1444H, yaitu pertama mengenai supply BBM. “Supply ada tidak stoknya? Kalau tidak ada, ya, tidak bisa melakukan apa-apa,” jelasnya menekankan pentingnya ketersediaan BBM.

Lebih lanjut, Erika menegaskan perhatiannya yang kedua adalah mengenai pendistribusian BBM. “Kalau ada stoknya, apakah bisa mendistribusikannya? Kalau tidak bisa didistribusikan ke penyalur, ini repot,” tegasnya.

Yang ketiga, lanjutnya, adalah faktor keamanan atau safety. “Safety ini penting, karena pengalaman kejadian pada waktu belakangan ini. Maka, harus menjadikan lebih aware untuk safety tersebut,” imbuhnya.

Sementara itu, Sales Area Manager Retail Bandung Pertamina Patra Niaga Fachrizal Imaduddin mengungkapkan pihaknya memerlukan dukungan para pihak dalam menyukseskan penyediaan dan distribusi BBM selama Ramadan dan Idul Fitri.

“Seperti dukungan dalam pendampingan mobil tanki BBM/LPG dalam memecah kepadatan jalur, pendampingan motorist satgas BBM di jalur tol, kemudahan koordinasi dalam 1 WAG, dan penjagaan obvitnas (obyek vital nasional) area SPBU/Fuel terminal,” ucapnya.

Sedangkan, Fuel Terminal Manager Tasikmalaya Akhmadun menyampaikan beberapa titik kritis, seperti macet total dan pasar tumpah. Maka, solusi yang disiapkan dengan melakukan alih supply ke fuel terminal terdekat dan koordinasi dengan kepolisian untuk prioritas lintas dan pengawalan.

Dalam kunjungan ini Erika tidak hanya mengunjungi Terminal BBM Tasikmalaya, tapi juga menyambangi 3 SPBU, yaitu SPBU Rest Area 57A, SPBU Rest Area 88A, dan SPBU Jalan Margaluyu Ciamis.(hum)