Courtesy Call Pangkostrad dan Singapore Army 3rd Division Commander

0

Koran Jurnal, Jakarta – Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letjen TNI Maruli Simanjuntak, M. Sc. melaksanakan Courtesy Call bersama Singapore Army 3rd Division Commander yang dipimpin oleh Pangdiv 3 Angkatan Darat Singapura Brigadir Jenderal Cai Dexian di Markas Kostrad, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (1/9/2023).

Dalam kegiatan ini, Brigadir Jenderal Cai Dexian didampingi oleh Military Expert Tujuh Melvin Gan, Atase Pertahanan Singapura dan Kolonel David Kwek, Atase Darat Singapura.

Setibanya di Makostrad, Pangdiv 3 Angkatan Darat Singapura disambut oleh Asops Kaskostrad dan Dandenma Kostrad, hormat jajar dari Regu Jaga, , mengunjungi museum Darma Bhakti Kostrad, penandatangan buku tamu, melaksanakan foto bersama dilanjutkan dengan Courtessy Call di ruang Executive Longe.

Dalam sambutannya, Pangkostrad menyampaikan jika ini merupakan sebuah kebanggaan bagi keluarga besar Kostrad, khususnya saya sebagai Pangkostrad untuk mengadakan acara pertemuan ini dengan Singapore Army 3rd Division Commander, Brigadier General Cai Dexian Beserta Rombongan.

Pangkostrad menjelaskan jika Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat, disingkat Kostrad merupakan komando utama operasi di tingkat Mabes TNI yang berkedudukan langsung di bawah Panglima TNI dan sebagai komando utama pembinaan di tingkat Mabesad yang berkedudukan langsung di bawah Kasad, yang dalam pelaksanaan tugasnya satuan kostrad terbagi menjadi 3 Divisi Infanteri. antara lain Divisi Infanteri 1 berada di Jawa Barat, Divisi Infanteri 2 berada di Jawa Timur dan Divisi Infanteri 3 berada di Sulawesi Selatan.

“Kostrad memiliki tugas pokok menyelenggarakan operasi pertahanan keamanan tingkat strategis sesuai dengan kebijakan panglima tni, dan sebagai komando utama pembinaan bertugas membina kesiapan operasional atas segenap jajaran komandonya yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Kasad,” kata Pangkostrad.

“Dalam melaksanakan tugas pokoknya kostrad menyelenggarakan fungsi-fungsi yang terdiri dari fungsi utama yaitu melaksanakan pertempuran di darat yang dilakukan dengan omp dan atau omsp serta fungsi organik militer yaitu melaksanakan kegiatan di bidang intelijen, operasi, personel, logistik, teritorial, perencanaan, serta pengawasan dan pemeriksaan dalam rangka mendukung tugas pokok Kostrad,” tambah Pangkostrad.

Selain itu, Letjen TNI Maruli Simanjuntak, M. Sc. mengatakan bahwa kostrad telah beberapa kali menyelenggarakan kerjasama militer melalui latihan bersama dengan negara sahabat. Pada bulan Agustus 2023 lalu, Kostrad telah melaksanakan latihan bersama dengan Angkatan Darat Singapura, dengan dilaksanakannya latihan bersama Safkar INDOPURA 35/2023 pada tanggal 20 Agustus sampai dengan 30 Agustus 2023 di Singapura.

“Kostrad mengirim tujuh personel untuk mengikuti latihan bersama tersebut, dalam latihan bersama tersebut prajurit Kostrad dapat melaksanakan latihan tim pertempuran tingkat brigade dan batalyon motoris/mekanis yang didukung oleh Alutsista. Kegiatan latihan bersama tersebut merupakan suatu pengalaman berharga bagi prajurit Kostrad yang terlibat,” ujar Pangkostrad.

“Terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya atas kesempatan prajurit Kostrad dapat melaksanakan latihan bersama Safkar INDOPURA 35/2023. Saya berharap kerjasama antara Kostrad dengan Singapura dapat terus diselenggarakan kedepannya dan menjadi suatu upaya strategis untuk mempererat dan memperkuat hubungan bilateral aspek pertahanan,” pungkas Pangkostrad.

Sementara itu, Pangdiv 3 Angkatan Darat Singapura Brigadir Jenderal Cai Dexian mengatakan jika dirinya merasa terhormat dan bangga bisa berkunjung ke Markas Kostrad dan disambut dengan hangat oleh Pangkostrad beserta staf.

Setelah Courtesy Call Pangkostrad dan Singapore Army 3rd Division Commander y Call selesai, kegiatan diakhiri dengan pertukaran Cinderamata.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Kepala Staf Kostrad Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa, Irkostrad Mayor Jenderal TNI Mochamad Reza Utama, Wair Kostrad, Kapoksahli Pangkostrad, Asren Kostrad dan para Asisten Kaskostrad.(pen)