Luar Biasa Antusiame Warga Lamongan Awali Pembukaan Kejurnas Motocross TNI AL

0

Koran Jurnal, Jakarta – Antusiame dan sambutan warga Lamongan sangat luar biasa pada pelaksanaan Kirab Kota dan Pawai Budaya yang digelar sebagai Acara pembuka menagawali ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Grasstrack Junior Motocross Supertrack Championship Kasal Cup 2023 yang digelar TN AL di Lamongan, Jawa Timur, Jum’at (1/9/2023). Hadir dalam kesempatan ini Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono dan Bupati Lamongan Dr. Yuhronur Efendi.

Para pelajar dan masyarakat memadati jalan-jalan protokol hingga alun-alun Lamongan untuk menyaksikan Kirab Kota yang menampilkan Genderang Suling (GS) Gita Jala Taruna AAL, kemudian Kirab Bendera Paskibraka Kabupaten Lamongan, Carnival Perangkat Daerah, Bank Daerah Lamongan, PDAM, Permodalan Nasional Madani (PNM), Bank Jatim dan juga ditampilkan Kesenian Tradisional Khas Lamongan yakni Kesenian Tongklek.

Dalam pelaksanaan Kirab Kota dan Pawai Budaya ini dimulai dari Pendopo Lokatantra, Jalan Lamongrejo, Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo, Jalan Soewoko, Jalan KH. Dahlan, Jalan Lamongrejo dan finish di alun-alun Lamongan. Selanjutnya GS Gita Jala Taruna AAL melaksanakan Atraksi Display di Lapangan Alun-Alun Lamongan.

Habib Indrawan Hardianyah Siswa SMA Negeri 3 Lamongan yang ikut hadir untuk menyaksikan acara Kirab Kota tersebut merasa senang dapat melihat langsung penampilan Genderang Suling (GS) Gita Jala Taruna Akademi Angkatan Laut.

“Saya merasa sangat senang dapat melihat langsung Taruna AAL, itu sangat memotivasi kami para pelajar, yang bercita-cita jadi prajurit TNI AL,” katanya.

Lamongan merupakan kota keempat yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan Kejurnas Grasstrack Junior Motocross Supertrack Championship Kasal Cup 2023 dari lima seri putaran yang direncanakan. Sebelumnya TNI AL telah menggelar di sejumlah wilayah yaitu Mojokerto, Tegal, Salatiga, Lamongan yang saat ini digelar dan putaran terakhir rencananya akan diselenggarakan di Deli Serdang, Sumatera Utara.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali ditempat terpisah menyampaikan bahwa, disamping berperan sebagai venue bagi atlet untuk memperoleh wadah pembinaan dalam meningkatkan keterampilan, Kejurnas ini juga berperan penting dalam pemberdayaan ekonomi daerah.

“Daya tarik kejuaraan bagi masyarakat dari berbagai kalangan dapat menarik pengunjung dan wisatawan yang berdampak pada peningkatan aktivitas ekonomi daerah, baik dalam industri pariwisata daerah, jasa perhotelan, transportasi, kuliner dan potensi ekonomi lainnya,” tandas KSAL.(disp)