KSAL Terima Courtesy Call Delegasi Tentara China South Theater Command

0

Koran Jurnal, Jakarta – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali menerima kunjungan kerja (courtesy call) delegasi Tentara China South Theater Command yang dipimpin oleh Laksamana Madya Wei Wenhui selaku Wakil Panglima Komando Satuan Perang wilayah Selatan, Angkatan Bersenjata China, bertempat di Gedung Utama Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (19/10/2023).

Kasal mengucapkan terima kasih atas peran aktif Angkatan Laut China dalam mendukung kegiatan yang telah dilaksanakan oleh TNI Angkatan Laut (TNI AL), seperti partisipasi dalam kegiatan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK), International Maritime Security Symposium (IMSS) dan kunjungan kapal perang dalam rangka good will visit, merupakan sikap positif China untuk meningkatkan hubungan kerja sama dengan TNI AL.

Pertemuan tersebut membicarakan tentang mempererat hubungan bilateral kedua negara melalui diplomasi Angkatan Laut. Hubungan bilateral antara Indonesia dan China di bidang pertahanan yang telah terjalin sejak lama, menginisiasi kedua Angkatan Laut untuk terus meningkatkan kerjasama sehingga menjadi Kemitraan Strategis Komprehensif.

Selain kerjasama bidang pertahanan, juga dilaksanakan kerjasama bidang pendidikan dan latihan dan diplomasi. Kerjasama yang sudah terjalin telah terwadahi dalam Forum Navy to Navy Cooperation Talks (NTNCT).

Laksamana TNI Muhammad Ali dan Laksamana Madya Wei Wenhui sepakat bahwa kedua negara harus terus mempererat hubungan bilateral serta bekerjasama menjaga keamanan kawasan dan perdamaian dunia.(disp)