Kemendag Canangkan Hari Pakai Produk Indonesia

0

Koranjurnal.co.id, Jakarta – Dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan makin menumbuhkan rasa bangga terhadap produk-produk Indonesia, Kementerian Perdagangan RI bersama Sarinah mencanangkan Hari Pakai Produk Indonesia yang diadakan di Sarinah Thamrin, Jakarta,  Minggu (10/12 /2017).

Dalam sambutannya, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Tjahya Widayanti mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia yang naik positif sebesar 5,1 persen menjadi angin segar yang bisa dimanfaatkan bagi pelaku UMKM.

Tjahya Widayanti mengajak seluruh penduduk Indonesia untuk terus memakai produk lokal hasil karya anak bangsa Indonesia.

“Mulai dari detik ini,  mulai hari ini kita pakai produk-produk Indonesia. Hari ini kita harus berketetapan hati 100 persen memakai produk-produk Indonesia,” tukasnya dalam acara deklarasi Hari Pakai Produk Nasional tersebut.

Selain itu, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag juga mendorong para pengusaha UMKM berlomba dengan menghasilkan karya-karya atau produk-produk unggulan yang berdaya saing.

“Ada 600 UMKM yang mendaftar dalam UKM Award, namun hanya sekitar 220 UKM yang lolos seleksi. Dari sinilah nantinya akan hadir produk-produk Indonesia berkualitas. Sehingga diharapkan dapat mempermudah cara untuk mendapatkan produk yang baik,” tuturnya.

Sementara Direktur Utama PT Sarinah (Persero) I.G.N.P. Sugiarta Yasa, menyampaikan rasa bangga dengan dideklarasikannya Hari Pakai Produk Nasional, dimana Sarinah sebagai The Windows of Indonesia dapat menjadi tuan rumah dalam acara peresmian ini.

“Dalam kesempatan ini dengan bangga kita (Sarinah) sebagai The Windows of Indonesia menjadi tuan rumah dalam pencanangan HPPI (Hari Pakai Produk Indonesia). Ini merupakan sebuah gerakan yang sangat penting. Sebagai BUMN yang mengkhususkan pada penjualan ritel produk-produk khas dalam negeri, Sarinah melihat keberhasilan gerakan ini kelak akan menjadi salah satu tonggak berkembangnya rasa cinta tanah air di kalangan masyarakat Indonesia, khususnya terhadap produk-produk nasional,” kata Sugiarta.

“Mari kita jadikan produk Indonesia sebagai produk keseharian kita,” imbuhnya.

Acara peresmian dan sekaligus deklarasi ini, dimeriahkan oleh musisi dan artis ibu kota seperti Kikan, Calvin Jeremy, Dwi Andika, Delia Septiarani dan Kiki Amalia. Hadir Kevin Liliana sebagai Runner Up Puteri Indonesia 2017 yang juga merupakan Miss International 2017 dan Direktur Utama PT Mustika Ratu Putri Kuswisnu, serta Kabid Perancangan & Kerjasama Asdep Strategi Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata, Widodo.

“Pakai Produk Indonesia, 100 persen Indonesia”

Pewarta : Anton