Kohanudnas “Penjaga” Kedaulatan Wilayah Udara NKRI

0

Koranjurnal.co.id, Jakarta – Komando Pertahanan Udara Nasional atau disingkat Kohanudnas adalah merupakan salah satu institusi dibawah TNI Angkatan Udara yang dalam pelaksanaan tugas, peran dan fungsinnya secara strategis mengkomandoi dan menjaga keamanan atas wilayah udara nasional dalam rangka mewujudkan  kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bagian hal tersebut disampaikan Panglima Kohanudnas (Pangkohanudnas) Marsekal Madya (Marsdya) TNI Yuyu Sutisna, S.E, M.M, dalam acara pertemuan dengan para awak media massa nasional, cetak, online dan elektronik yang diadakan di ruang VIP Rusmin Nurjadin, Makohanudnas, Jalan Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jum’at (22/12/2017).

Kegiatan yang disebut Media Gathering ini sengaja diselenggarakan oleh Kohanudnas, untuk menjalin dan mempererat hubungan silaturahmi dengan para wartawan dari berbagai media massa nasional yang kerap menyampaikan informasi seputar TNI Angkatan Udara.

“Kegiatan ini pada intinya untuk menjalin silaturahmi serta sekaligus saling bertukar pikiran dan bertukar informasi,” kata Marsdya TNI Yuyu Sutisna mengawali acara itu.

Sebelum memulai kegiatan, Panglima Kohanudnas melaksanakan ibadah sholat Jum’at berjamaah bersama beberapa rekan wartawan dan jajaran personel TNI Angkatan Udara di komplek Makohanudnas.

“Sebetulnya kegiatan ini sudah saya rencanakan di bulan Juni, namun karena terkendala dengan tugas yang padat, maka baru dapat terwujud sekarang ini,” ungkapnya kepada rekan media yang menghadiri acara tersebut.

Pangkohanudnas Marsdya TNI Yuyu Sutisna, S.E.,M.M., menyampaikan terima kasih atas kehadiran seluruh wartawan dan rekan media massa nasional, bahwasanya acara media gathering ini diadakan sebagai sarana untuk bersilaturahmi dan sekaligus berbagi informasi.

“Di era keterbukaan saat ini, kita sangat perlu untuk publikasi dan perlu untuk menyampaikan supaya apabila ada informasi yang penting bisa dipublikasikan,” ujarnya.

Dalam paparannya, Panglima Kohanudnas mengatakan bahwa tugas Kohanudnas adalah mengawasi dan mengamankan wilayah udara Republik Indonesia dari kepentingan Indonesia dan negara-negara lain.

“Kohanudnas sebagai jajaran TNI Angkatan Udara bertugas melaksanakan pengawasan dan penjagaan wilayah udara nasional dari penerbangan pesawat udara yang tidak berizin dan juga melakukan penindakan terhadap para pelanggan,” kata Marsdya TNI Yuyu Sutisna yang telah dilantik oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto untuk menjabat sebagai Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) beberapa hari lalu.

Panglima juga menjelaskan bagaimana Kohanudnas yang menjalankan tugas organisasi dalam pertahanan udara (hanud), operasi hanud dan kesiapsiagaan tugas operasi yang didukung dengan alutsista TNI AU.

Menurut Panglima, tugas yang diemban dan dinamika yang dihadapi TNI AU dalam melaksanakan pengamanan wilayah udara sangat diperlukan dukungan kebijakan, ketentuan dan aturan untuk menjaga kedaulatan NKRI secara utuh dan penuh.

Panglima Kohanudnas berpendapat bahwa upaya Indonesia untuk mewujudkan kemandirian industri dalam negeri sangat penting. Jika hal itu terwujud maka Indonesia punya kemampuan berdaya saing dalam kedaulatan negara dan kedaulatan udara.

Lebih jauh, Panglima juga menjelaskan tugas Kohanudnas dalam mengumpulkan berbagai informasi penerbangan di wilayah udara Indonesia dengan melalui FIR (Flight Information Region).

“Flight Information Region (FIR). FIR adalah suatu ruang udara yang ditetapkan dimensinya di mana di dalamnya diberikan Flight Information Service atau jasa pelayanan penerbangan pesawat udara dan alerting service atau sistem informasi dini penerbangan,” jelas Panglima.

Masih berkaitan hal itu, dijelaskan pula bahwa tugas pertahanan udara yang dilaksanakan Kohanudnas adalah melalui operasi pertahanan udara (hanud) dengan tahapan kegiatan meliputi deteksi, identifikasi dan penindakan terhadap pesawat asing yang melintas di wilayah udara Nasional Indonesia tanpa izin sebelumnya.

“Untuk pelaksanaan dan mendukung tugas-tugas tersebut Kohanudnas memiliki Satuan-satuan Radar (Satrad) di penjuru tanah air sebagai mata dan telinga untuk mengetahui aktivitas seluruh penerbangan pesawat udara di atas wilayah udara nasional,” paparnya.

Kohanudnas memiliki empat Kosekhanudas (Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional) dan Pusdikhanudnas (Pusat Pendidikan Pertahanan Udara Nasional).

Menutup acara ini, Panglima Kohanudnas berharap kegiatan bertukar informasi dan silaturahmi dapat terus berlanjut, sehingga informasi-informasi penting seputar TNI Angkatan Udara dapat dipublikasikan dan disebarluaskan kepada masyarakat luas.

Acara media gathering akhir tahun 2017 yang tampak penuh keakraban ini, dihadiri Pangkosekhanudnas I Marsma TNI Kustono, S.Sos., dan para pejabat Kohanudnas, dimana posisi duduk rekan-rekan media diatur berdampingan dengan para jajaran personel Kohanudnas TNI Angkatan Udara dan berfoto bersama usai acara tersebut.

“Labda Prakasa Nirwikara, KOHANUDNAS SIAGA SENANTIASA”

Pewarta : Anton