Danlantamal II Padang Gelar Dialog Dengan Masyarakat Maritim Dan Nelayan Nias

0

Koranjurnal.co.id, Jakarta – Komandan Lantamal II Padang Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman, M.Sc., mengadakan dialog dengan Masyarakat maritim dan  Nelayan Nias di desa Bawomataluo Nias Selatan, Rabu ( 17/01/2018).

Dalam kegiatan tersebut, Danlantamal II Padang memberikan pengarahan secara langsung kepada masyarakat Nelayan tentang pentingnya keselamatan dan keamanan di laut. Dimana Pulau Nias merupakan kepulauan terluar wilayah Indonesia yang berada di Sumatera bagian barat yang dikelilingi oleh lautan, sehingga banyak masyarakat setempat berprofesi sebagai nelayan dan pengguna laut.

Masyarakat Maritim dan Nelayan merupakan mitra dari Angkatan Laut dalam hal ini Lantamal II maupun Lanal Nias, dimana  dapat saling bekerjasama dalam memberikan informasi-informasi tentang adanya pelanggaran-pelanggaran yang berada di laut, sehingga dapat diantisipasi dan dilaksanakan penanganan secara cepat. Untuk itu, TNI Angkatan Laut akan selalu siap menjaga keamanan wilayah perairan Indonesia serta siap mendukung dan membantu program pemerintah dalam bidang maritim dan Kelautan,” pungkas Danlantamal II Padang.

Selain melaksanakan dialog, Danlantamal II Padang juga meninjau makam Saonigeho yang berada di desa Bawomataluo sekaligus pada kesempatan tersebut Dalantamal II Padang menerima penyematan pakaian adat oleh Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, S.H., MH., didampingi Danlanal Nias Kolonel Laut (P) Heri Prihartanto bersama ketua adat Nias Selatan.

Danlantamal II Padang beserta rombongan menyaksikan acara adat lompat batu yang merupakan tradisi dari penduduk desa Bawomataluo Nias Selatan dan dilanjutkan dengan peninjauan ke rumah adat raja.(tonmp/Disp)