Forum Indonesia Guyup, Bersama Lawan Terorisme

0

Koranjurnal.co.id, Jakarta – Ratusan warga masyarakat yang tergabung dalam Forum Indonesia Guyup menggelar aksi solidaritas dan doa bersama di kawasan Thamrin, Patung Kuda, Jakarta Pusat, Selasa (15/05/2018).

Ketua Umum (Ketum) Projo Budi Arie Setiadi mengatakan, aksi solidaritas dan doa bersama digelar sebagai bentuk keprihatinan, kepedulian dan rasa simpati warga masyarakat terhadap para korban teror bom sejumlah gereja di Surabaya dan tindakan anarkis terdakwa teroris di Mako Brimob Jakarta beberapa waktu lalu.

Dari pantauan jurnalis di lokasi, aksi solidaritas dimulai pukul 19.30 WIB dan tampak terbentang beberapa spanduk acara. Para peserta aksi yang terdiri dari berbagai latarbelakang status dan profesi pun berkumpul di satu titik diruas jalan pintu masuk Monas (Monumen Nasional)  dan mereka telah menyediakan media sarana untuk menyuarakan aksi solidaritas tersebut seperti, lilin dan pita merah putih.

Menurut Budi Arie, acara yang bertajuk ‘Solidaritas dan Doa bersama untuk tragedi teroris Surabaya dan Mako Brimob’ tersebut selain mengutuk keras juga merupakan perlawanan masyarakat terhadap segala bentuk kejahatan terorisme yang menodai sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Terorisme adalah musuh bersama bangsa ini. Seluruh warga bangsa yang mencintai kedamaian. Jadi ini bukan untuk urusan satu atau dua parpol, tapi seluruh anak negeri,” ujarnya kepada rekan wartawan di lokasi.

Lebih lanjut, Budi Arie yang juga sebagai inisiator acara mengatakan, aksi solidaritas juga sekaligus sebagai bentuk dukungan kepada penegak hukum untuk mengusut teroris sampai ke akar-akarnya.

“Kita mengheningkan cipta dan doa bersama sebagai rasa bela sungkawa kami yang dalam,” tukasnya.

Dalam rangkaian acara tersebut, para peserta aksi menyanyikan lagu Padamu Negeri dan Gugur Bunga, menyalakan lilin sambil berdoa serta berjalan mengelilingi kolam yang berada di depan patung kuda.(ton)