Kapolri Lantik 6 Jabatan Kapolda dan Kadiv Propam Polri

0

Koranjurnal.co.id, Jakarta – Kapolri Jenderal Pol. Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D lantik dan sekaligus memimpin serah terima jabatan (Sertijab) enam Kapolda dan Kadivpropam Polri.

Pergantian jabatan tersebut, berdasarkan Telegram rahasia (TR) nomer ST/2015/VIII/KEP/2018 dan ST/2014/VIII/KEP/2018 Tertanggal 13 Agustus 2018. TR tersebut berisi pergantian enam Kapolda yaitu Kapolda Papua, Kapolda Banten, Kapolda Lampung, Kapolda Kepri, Kapolda Riau, Kapolda Sumatera Utara, serta Kadiv Propam.

Dalam prosesi pelantikan pejabat baru itu, Kapolri Jenderal Pol. Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D dihadapan para pejabat baru membacakan sumpah jabatan seraya diikuti oleh 6 Kapolda dan Kadiv Propam. Kapolri juga menyaksikan penandatanganan pakta integritas oleh pejabat lama dan pejabat baru.

Dalam amanatnya, Kapolri meminta para Kapolda dan Kadiv Propam menjalankan tugas kedinasan dengan penuh tanggung jawab. Kegiatan tersebut berlangsung di ruang Rupatama Mabes Polri Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin, (20/08/2018).

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya selaku pejabat Kepolisian Republik Indonesia akan setia dan taat sepenuhnya kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ucap para pejabat Polri yang baru seraya menirukan pembacaan sumpah jabatan tersebut.

Enam Kapolda yang menjalani sertijab adalah Irjen. Pol. Drs. Boy Rafli Amar, M.H. digantikan Irjen. Pol. Drs. Martuani Sormin Siregar, M.Si yang semula menjabat Kadivpropam Polri. Irjen. Pol. Drs. Boy Rafli Amar, M.H. kini diangkat sebagai Wakil Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri.

Jabatan Irjen. Pol. Drs. Martuani Sormin Siregar, M.Si digantikan oleh Brigjen. Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si yang semula menjabat Kapolda Banten. Kapolda Banten selanjutnya dijabat Brigjen. Pol. Teddy Minahasa Putra, S.H., S.I.K. Brigjen. Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si kini diangkat sebagai Kepala Divisi Propam Polri.

Kapolda Sumatra Utara yang sebelumnya dijabat oleh Irjen. Pol. Drs. Paulus Waterpauw ditugaskan di Lemhanas. Kapolda Sumatra Utara kini dijabat oleh Brigjen Pol. Drs. Agus Andrianto SH. Kapolda Riau yang sebelumnya dijabat oleh Irjen. Pol. Drs. Nandang, M.H kini dijabat oleh Drs. Widodo Eko Prihastopo, M.M

Kapolda Lampung yang sebelumnya dijabat oleh Irjen. Pol. Drs. Suntana, M.Si kini digantikan Brigjen. Pol. Drs. Purwadi Arianto, M.Si. Kapolda Kepri yang sebelumnya dijabat oleh Irjen. Pol. Drs. H. Didid Widjanardi, S.H kini dijabat oleh Irjen. Pol. Andap Budhi Revianto, S.I.K. Irjen. Pol. Drs. Suntana, M.Si kini menjabat sebagai Wakil Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Polri.

Turut hadir sejumlah pejabat Polri dan menyaksikan prosesi itu diantaranya, Wakil Kapolri yang baru Komjen. Pol. Drs. H. Ari Dono Sukmanto, S.H., M.Si, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Informasi Birokrasi (Menteri PAN-RB) Syafruddin.(red)