KSAL: Wujudkan TNI AL yang Profesional dan Modern dalam Menghadapi Persaingan Global

0

Koran Jurnal, Jakarta – Komando Armada I (Koarmada I) menggelar Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-74 Tahun 2019 dengan Inspektur Upacara Kepala Staf Koarmada I Laksamana Pertama TNI Bambang Irwanto, M.Tr (Han) bertempat di Lapangan Arafuru Mako Koarmada I, Jalan Gunung Sahari No. 67 Jakarta Pusat, Sabtu (17/08/2019).

Pada kesempatan tersebut, Kepala Staf Koarmada I Laksamana Pertama TNI Bambang Irwanto, M.Tr (Han) membacakan sambutan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., yang menyampaikan bahwa selama 74 Tahun kita sudah menunjukkan diri sebagai bangsa yang tangguh menghadapi berbagai tantangan, bangsa yang kokoh dalam bingkai persatuan NKRI yang Berbhinneka Tunggal Ika dan bangsa yang ingin terus maju serta berprestasi menggapai tujuan ditengah perubahan dan persaingan global yang kian menajam. Oleh karena itu, TNI Angkatan Laut berani berbenah diri dan berubah menjadi lebih baik menuju Angkatan Laut yang profesional dan modern serta mendukung cita-cita bangsa untuk menjadi kekuatan maritim yang berpengaruh dikawasan.

Peringatan HUT Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019 mengangkat tema “SDM Unggul Indonesia Maju,” tema ini menjadi pondasi dasar dan pemacu semangat Indonesia ke depan, khususnya bagi kita semua selaku prajurit pejuang matra laut yang merupakan komponen utama pertahanan dan keamanan negara di laut sebagaimana digariskan dalam UUD Tahun 1945. Dengan demikian keunggulan SDM TNI Angkatan Laut merupakan tuntutan yang sudah tidak dapat ditawar-tawar lagi. Kita semua berkeinginan agar TNI Angkatan Laut diawaki oleh Prajurit yang terlatih, terdidik, dilengkapi secara baik dan dijamin kesejahteraannya sesuai dengan jati diri Prajurit TNI sebagai Tentara Profesional.

“Melalui momentum Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-74, saya mengajak kepada seluruh Prajurit TNI Angkatan Laut untuk bersama-sama memacu diri dan berani berkompetisi agar mampu sejajar dan bersaing dengan kekuatan Angkatan Laut Negara Kawasan. Dengan apa yang telah negara berikan kepada kita, marilah kita kelola dengan sebaik-baiknya untuk dapat memberikan hasil nyata dan manfaat bagi masyarakat, terutama dalam menciptakan laut yang aman, tertib dan dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat Indonesia,” ujar KSAL.

Upacara dihadiri oleh Pejabat Utama Koarmada I, Para Kadis dan Kasatker, 1 Pleton Perwira Menengah, 1 Pleton Perwira Pertama, 1 Pleton Kowal, 1 Pleton Gabungan Kopaska dan Dislambair, 2 Pleton Bintara, 2 Pleton Tamtama, 1 Pleton PNS, dan 1 Unit Korsik Lantamal III.(Disp/red)