Pangkoarmada I Terima Kunjungan Kehormatan Komandan Kapal Angkatan Laut Spanyol ESPS Mendez Nunez

0

Koran Jurnal, Jakarta – Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono, S.E., M.M., diwakili oleh Kepala Staf Koarmada I Laksamana Pertama TNI Bambang Irwanto, M.Tr (Han) menerima kunjungan kehormatan Komandan Kapal Angkatan Laut Spanyol ESPS Mendez Nunuez Letnan Kolonel Antoni Gonzales Del Tanago di Mako Koarmada I, Jalan Gunung Sahari No. 67 Jakarta Pusat, Selasa (27/08/2019).

Kunjungan ini menjadi kesempatan yang baik guna meningkatkan komunikasi bilateral kedua negara untuk berbagi pandangan secara umum sebagai negara maritim.

Pada pertengahan bulan Mei 2018, TNI Angkatan Laut telah mereorganisasi struktur kekuatan armada menjadi 3 komando armada yaitu Komando Armada I di Jakarta, Komando Armada II di Surabaya, dan Komando Armada III di Sorong.

Pada dasarnya tidak ada perubahan besar dalam struktur setelah menjadi Komando Armada. Namun kami akan selalu tetap menjaga keselamatan dan keamanan atas perairan kepulauan barat Indonesia, termasuk alur pelayaran kepulauan sebagai prioritas utama kami.

Untuk melaksanakan tugas secara efektif terutama pada wilayah tanggung jawab yang bersifat kompleks dan dinamis, kerja sama adalah kunci utama guna menjaga stabilitas keamanan regional maritim. Kami selalu berkomunikasi dan bekerja sama dengan stake holder dan juga negara tetangga.

Oleh karena itu, Koarmada I membentuk Tim Reaksi Cepat Koarmada I untuk mendukung upaya mengatasi pelanggaran di laut yang berdasarkan hukum nasional maupun hukum internasional yang terjadi di perairan barat Indonesia.

Tim Reaksi Cepat melaksanakan koordinasi dengan negara tetangga dalam menghadapi kasus yang sedang dihadapi dan hal ini sangat bermanfaat, hal tersebut sudah terbukti dapat menurunkan jumlah pelanggaran di perairan barat Indonesia khususnya di Selat Malaka dan Selat Singapura.(Disp/red)