TNI AL Gelar Sidang Wanbangopstik-LXXV/2019 di Pushidrosal

0

Koran Jurnal, Jakarta – TNI Angkatan Laut menggelar sidang Dewan Pengembangan Operasi dan Taktik (Wanbangopstik) ke-75 Tahun 2019, di Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal), Jalan Pantai Kuta V/I, Ancol Timur Jakarta Utara, Senin (18/11/2019).

Sidang yang digelar selama dua hari kedepan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Operasi dan Latihan Angkatan Laut (Kadisopslatal) Laksamana Pertama TNI Ali Triswanto, S.E., M.Si., mewakili Asisten Operasi (Asops) Kasal Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M.

Hadir dalam acara tersebut para pejabat utama Kotama TNI AL diantaranya Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H., selaku Penanggung jawab Penyelenggaraan kegiatan, Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Dr. Amarullah Octavian, ST., M.Sc., Dirdiklat Laksamana TNI Deny Septiana, Kepala Staf Koarmada I Laksamana Pertama TNI Bambang Irwanto, Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Ipung Purwadi, M.M, serta sejumlah 202 Perwira menengah dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya Asops Kasal menyampaikan forum ini merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mengkaji dan merumuskan pola operasi taktik serta pengembangannya dengan uji coba konsep operasi peperangan matra laut dalam rangka mendukung tugas TNI Angkatan Laut.

Sebagai komponen utama pertahanan negara di laut, sesuai undang-undang nomor 34 tahun 2004 tentang TNI Angkatan Laut bertugas melaksanakan tugas TNI Matra Laut di bidang pertahanan dalam rangka melaksanakan tugas tersebut perlu dilakukkan pembinaan terhadap kekuatan alutsista dan prajurit yang dimiliki dalam bentuk penggelaran latihan-latihan untuk emndukung gelar tugas operasi. Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan tehnologi yang terus berkembang maka beberapa buku petunjuk perlu diadakan pemutakhiran atau bila diperlulkan dilaksanakan penghapusan disesuaikan dengan dinamika perkembangan saat ini serta perlunya penyusunan buku petunjuk baru yang disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi tersebut, tambahnya.

Sidang Wanbangopstik kali ini mengambil tema “Melalui wanbangopstik ke-75 Tahun 2019 kita tingkatkan kesiapan dan kemampuan system senjata terpadu guna mendukung tugas TNI Angkatan Laut” diharapkannya dapat tersusun doktrin turunan tentang operasi dan taktik peperangan matra laut sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi.

Materi yang dibahas pada sidang wanbangopstik ke-75 kali ini antara lain, petunjuk penyelenggara operasi salvage TNI Angkatan Laut, petunjuk penyelenggara pelatihanoperasioanal koarmada, petunjuk penyelenggara operasi survei dan pemetaan hidro-oseonografi, petunjuk referensi pengerahan satuan korps Marinir dalam operasi membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan, petunjuk referensi penilaian penilaian latihan puncak TNI Angkatan Laut “Armada Jaya” serta petunjuk penyelenggaraan latihan bersama TNI Angkatan Laut.

Diakhir sambutannya Asops Kasal memberikan penekanan yang perludijadikan pedoman diantaranya memanfaatkan forum tersebut untuk mendiskusikan doktrin dan buku petunjuk lainnya untuk mendukung pelaksanaan operasi, melaksanakan diskusi forum secara serius dan sistematis dalam nuansa akademis guna menggali pengembangan pemikiran-pemikiran baru yang kreatif dan solutif serta inovatif, diskusi harus dapat dipertanggung jawabkan berdasarkan referensi yang jelas dan yang terakhir menemukan solusi yang terbaik dalam rangka menyusun buku petunjuk baru sesuai dengan dinamika perkembangan saat ini.(disp/red)