GP Ansor Jakarta Selatan Salurkan Bantuan Kemanusiaan Korban Banjir ‘door to door’

0

Koran Jurnal, Jakarta – Gerakan Pemuda (GP) Ansor Cabang Jakarta Selatan menyalurkan bantuan kemanusiaan secara langsung kepada korban bencana banjir di beberapa lokasi terdampak, khususnya warga wilayah Jakarta Selatan.

“Dari awal kami sudah bergerak memberikan bantuan yang dibutuhkan masyarakat sebanyak 70 KK (keluarga) dari rumah ke rumah (door to door), biar terbagi rata,” ujar Muhammad Anwar, Ketua GP Ansor Cabang Jakarta Selatan, di Rumah Pergerakan Gus Dur, Kalibata Timur, Jakarta, Rabu (08/01/2020).

Anwar mengatakan, untuk wilayah Kecamatan Pancoran setidaknya sudah menyalurkan berupa uang tunai Rp 9.100 000, yang dibelanjakan untuk air mineral, makanan siap saji dan peralatan mandi.

“Kami juga mengumpulkan berupa donasi pakaian layak pakai, selimut, mie instan 30 dus, susu 2 dus, selimut 15 buah, gula, teh dan obat-obatan,” ujarnya.

Dia juga mengungkapkan, bantuan yang didapat berasal dari berbagai latar belakang suku, agama dan status sosial lainnya.

“Kami menjalin kerjasama dengan berbagai pihak swasta maupun komunitas dalam penggalangan bantuan, seperti Yayasan Ibnu Sina Peduli, FIF Group,” ujarnya.

Bantuan yang terkumpul langsung diberikan kepada korban banjir di wilayah yang terdampak banjir, sampai saat ini sudah terjangkau 300 kepala keluarga (KK).

“Semoga bantuan yang disalurkan, dapat memberikan manfaat pada warga sekaligus meringankan warga masyarakat yang sedang dilanda krisis air bersih,” harapnya.

Sementara itu, Sekretaris GP Ansor Cabang Jakarta Selatan, Ali Subchan mengatakan, untuk penyaluran bantuan yang disalurkan dari rumah ke rumah akan dilakukan oleh masing-masing PAC (perwakilan anak cabang) GP Ansor Jakarta Selatan di wilayah lokasi terdampak bencana banjir.

“Penyerahan bantuan kemanusiaan ini akan diserahkan ke warga yaitu di Pancoran, Jagakarsa, Pesanggrahan, dan juga lokasi lain Jakarta Selatan yang terdampak (banjir),” lugas Ali.

GP Ansor berharap bantuan kemanusiaan ini memberikan manfaat bagi masyarakat yang terdampak bencana banjir.(red)