Gerakan “Wong Cilik Ojo Nganti Ngeleh” Kodim 0727/Karanganyar Bantu Warga Karanganyar Terdampak Covid-19

0

Koran Jurnal, Jakarta – Kodim 0727/Karanganyar membuat gerakan pembagian nasi bungkus untuk masyarakat kurang mampu. Gerakan ini dinamakan “Wong Cilik Ojo Nganti Ngeleh” yang artinya rakyat kecil jangan sampai kelaparan di tengah wabah covid-19.

Hal tersebut disampaikan Dandim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andy Amin Latama, dalam keterangannya di Karanganyar, Jawa Tengah, Sabtu (16/05/2020).

Dandim mengatakan, gerakan ini bertujuan untuk membantu masyarakat kurang mampu yang kehilangan penghasilan harian akibat pandemi covid-19.

“Masyarakat yang terdampak umumnya adalah mereka yang bekerja pada sektor informal seperti tukang sayur, pengayuh becak, tukang parkir di jalan dan buruh harian,” ujarnya.

Dijelaskannya, dalam kegiatan ini, masyarakat miskin terdampak covid-19 menerima nasi bungkus setiap hari pada saat buka puasa dan sahur.

“Dengan gerakan ini, warga Karanganyar sangat terbantu sekaligus juga dapat berperan aktif untuk membantu personel kami di dapur umum yang kami gelar,” tuturnya.

Untuk diketahui, pembagian nasi bungkus ini dimulai sejak awal puasa hingga akhir puasa Ramadan, dari hari Senin hingga Jumat.

“Kodim memasak sekitar 250 – 500 nasi bungkus yang siap dibagikan di setiap kecamatan secara bergilir oleh para Babinsa dan didampingi perangkat desa setempat,” pungkas Dandim.(Disp/red)