TNI Angkatan Laut Evakuasi Pemulangan ABK WNI MV Nieuw Amsterdam dan MV Carnival Splendor

0

Koran Jurnal, Jakarta – Komandan Lantamal III Jakarta Brigadir Jenderal TNI (Mar) Hermanto, S.E., M.M., selaku Dansatgas pimpin evakuasi pemulangan ABK WNI kapal pesiar MV. Nieuw Amsterdam sebanyak 418 ABK dan MV. Carnival Splendor sebanyak 400 ABK, di Dermaga JICT II Tanjung Priuk, Jakarta Utara, Jum’at (29/5/2020).

Kapal Pesiar MV. Nieuw Amsterdam berbendera Negara Belanda, berlayar dari Madagascar menuju Jakarta membawa ABK WNI sebanyak 418 orang, sedangkan MV. Carnival Splendor berbendera Panama berlayar dari Philipina membawa 400 ABK WNI dari MV. Panorama menuju Jakarta.

Selama proses evakuasi, para ABK mendapat pengawalan dari Tim Satgas Pengamanan Laut. Setelah tiba di Dermaga JICT II, Tim Satgas Evakuasi menyiapkan protocol covid-19 terhadap personel dan barang bawaan dengan menyemprotkan cairan disinfektan, untuk barang bawaan diharuskan melalui X-Ray dari Tim Bea Cukai dilengkapi pula dengan pemeriksaan menggunakan anjing pelacak/K-9 dari Pom Lantamal III guna mengantisipasi adanya barang bawaan illegal.

Selanjutnya seluruh ABK dibawa menggunakan bus menuju Hotel Pullman Central Park dan Mercure Batavia yang sudah direkomendasikan oleh Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DKI Jakarta untuk dilaksanakan Swab Test. “Apabila dari hasil Swab Test ditemukan adanya positif, maka akan dievakusi ke Wisma Atlit Kemayoran Jakarta untuk diisolasi, dan bila hasilnya negatif akan dipulangkan sesuai daerah yang dituju,” ujar Brigjen Hermanto.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Dansatgas Kolonel Marinir Beny Sarana, Dansat Kopaska Armada I Kolonel Laut (P) Johan Wahyudi, Kapolres Pelabuhan Tanjung Priuk AKBP Kurniawan Tandi Rongre, S.Ik, Si., Syahbandar, KSOP, Imigrasi, Bea cukai dan Pihak Agen Kapal.(disp/red)