Dinkes Lantamal XII Laksanakan Pemeriksaan Medis Para Pekerja Migran Ilegal di Pelabuhan Dwikora Pontianak

0

Koran Jurnal, Pontianak – Komandan Lantamal XII Laksamana Pertama (Laksma) TNI Agus Hariadi yang diwakili oleh Asisten Operasi (Asops) Danlantamal XII Kolonel Laut (P) Rizaldi, S.E., selaku Dansatgas Angkutan Laut Pemulangan Pekerja Migran Illegal di Wilayah Kalimantan Barat, mengawasi jalannya proses pemeriksaan kesehatan bebas Covid-19 terhadap para Pekerja Migran Indonesia (PMI), bertempat di Pelabuhan Dwikora Pontianak, Jalan Pakasih No. 11, Kelurahan Mariana, Kecamatan Pontianak Barat, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis, (04/06/2020).

Pemeriksaan kesehatan bebas Covid-19 yang dilakukan terhadap seluruh Pekerja Migran Indonesia yang rencananya akan dipulangkan ke daerah asalnya, pada Jum’at (5/6) dari Pelabuhan Pontianak menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang menggunakan KM Rucita-09, merupakan syarat utama yang harus dipenuhi bagi setiap PMI. Hal ini dilakukan untuk memutus mata rantai penularan Pandemi Covid-19, apalagi sebagian besar dari mereka merupakan PMI yang di deportasi dari Malaysia, sehingga diantara mereka sangat rentan telah terpapar Covid-19.

Pemeriksaan kesehatan bebas Covid-19 ini, dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat bersinergi dengan Tenaga Medis Lantamal XII yang dipimpin oleh Kadiskes Lantamal XII Letkol Laut (K) drg. Heru Subagyo, Sp.Pros.

Dalam pemeriksaan kesehatan tersebut, didapatkan 1 orang hasil Rapid Test Reaktif sehingga diputuskan untuk dilakukan isolasi di Poltekes Kabupaten Kubu Raya, selanjutnya Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat mentracking rekam jejaknya untuk mengetahui pada saat kapan terjangkit/terpapar Covid-19.

Adapun jumlah PMI yang telah melaksanakan pemeriksaan sebanyak 106 orang, terdiri dari 8 orang dari PMI yang ditampung oleh Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat dan 98 orang PMI Mandiri.(disp/red)