TNI Angkatan Laut Kirim Kapal Perang dalam Patkor Indindo-35/20

0

Koran Jurnal, Jakarta – Untuk kesekian kalinya, TNI Angkatan Laut melaksanakan fungsi diplomasi dan kerjasama militer, kerjasama bilateral tahunan antara TNI Angkatan Laut dan Angkatan Laut India melalui Patroli Terkoordinasi India-Indonesia (Patkor Indindo-35/20) dibawah kendali Guskamla Koarmada I, dengan mengirimkan KRI Teuku Umar-385. Hal tersebut merupakan implementasi kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E, M.M., dalam menciptakan situasi kondusif di kawasan utamanya wilayah perbatasan laut dengan negara tetangga, melalui diplomasi Angkatan Laut.

Dalam kegiatan yang berlangsung selama 2 hari mulai tanggal 15 dan 16 Juni 2020, KRI Teuku Umar-385 bersama satu kapal Angkatan Laut India INS Kulish P-63 melaksanakan kegiatan Rendezvous (RV) dan passing exercise sekaligus patroli laut pengamanan di wilayah masing-masing. KRI Teuku Umar-385 yang di Komandani Letkol Laut (P) Nyoman Gede Pradnyana AAL 48/2002 berada dibawah BKO Guskamla Koarmada I melaksanakan beberapa serial latihan dengan INS Kulish P-63, antara lain Comcheck, SURFEX-991 (latihan prosedur identifikasi kontak/hailing), MISCEX-830 (latihan manuver taktis), Photoex, Flaghoist Drill (latihan komunikasi dengan kibaran bendera dan morse), MISCEX-805 (latihan prosedur pembekalan di laut), dan Steam Fast (peran parade/penghormatan antar kapal).

Komandan Gugus Keamanan Laut (Guskamla) Koarmada I Laksmana Pertama TNI Yayan Sofiyan, S.T., menegaskan agar senantiasa menampilkan performa terbaiknya dalam setiap event, dan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh.

Sementara itu, Pangkoarmada I Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., menyampaikan bahwa kegiatan Patkor Indindo-35/20 dilaksanakan sebagai salah satu komitmen Indonesia, khususnya TNI AL dalam meningkatkan hubungan bilateral kedua negara antara Indonesia dan India, serta menjaga stabilitas keamanan di kawasan sesuai dengan peran TNI AL dalam bidang diplomasi militer dan kerjasama internasional.(disp/red)