Kunker di Yogyakarta, KSAU: Perwira Harus Miliki Integritas

0

Koran Jurnal, Yogyakarta – Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., mengatakan sebagai seorang perwira, harus memiliki integritas yang tinggi dan dapat menjadi contoh di hadapan anggotanya, baik sikap, perilaku, dan perbuatan dalam kehidupan sehari-hari.

Hal tersebut disampaikan Kasau pada acara pembekalan kepada 106 Taruna-Taruni Tingkat IV Akademi Angkatan Udara (AAU) di Gedung Sabang Merauke Ksatrian Akademi Angkatan Udara, Yogyakarta, Rabu (17/06/2020).

Lebih lanjut KSAU menyampaikan, Akademi Angkatan Udara merupakan tempat dimana para Taruna dan Taruni (Karbol) AAU dilahirkan untuk dididik menjadi pemimpin TNI AU di masa mendatang.

“Jaga kehormatan diri kalian sebagai seorang perwira, pikirkan setiap tindakan yang akan kalian lakukan dalam keadaan dan tekanan apapun juga, selalu bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta pandai bersosialisasi dengan masyarakat luas di mana pun kalian ditugaskan,” ujar Kasau.

Pada hari yang sama, Kasau juga berkesempatan memberikan pengarahan kepada para instruktur dan 40 siswa Sekolah Penerbang (Sekbang) Angkatan 98 di gedung Jupiter Lanud Adisutjipto. Kasau menyampaikan, sebagai seorang penerbang harus memiliki jiwa airmanship. Hal ini akan membentuk sikap, penampilan, dan perbuatan, baik dalam misi penerbangan maupun yang berkaitan dengan operasional penerbangan lainnya.

“Sebagai siswa sekolah penerbang, adik-adik merupakan ujung tombak TNI AU. Oleh karena itu, tanamkan dalam diri kalian masing-masing rasa bangga, kuat, ulet dalam belajar, dan berlatih,” tegas Kasau.

Kedatangan Kasau dan Ketum PIA Ardhya Garini Ny. Inong Fadjar Prasetyo beserta rombongan disambut langsung oleh Komandan Lanud (Danlanud) Adisutjipto, Marsma TNI Bob Henry Panggabean dan pasukan jajar kehormatan.

Seusai memberikan pengarahan, Kasau beserta rombongan juga meninjau fasilitas Skadron Pendidikan (Skadik) 102, 104, Lapangan Tembak Astra Krida, Kolam Renang Tirta Krida, Mess Wirambara, dan dilanjutkan makan siang bersama para Taruna dan Taruni di gedung Handrawina AAU.

Turut hadir mendampingi Kasau, Asops Kasau, Dankodiklatau, Dankoharmatau, Gubernur AAU, Kadisopslatau, Kadisdikau, Kadisaeroau, Kadisfaskonau, Danlanud Adisutjipto serta para pejabat Lanud Adisutjipto dan AAU.(disp/red)