KSAU Tinjau Latihan Antar Satuan Koopsau II “Sikatan Daya 2020”

0

Koran Jurnal, Lumajang – Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., meninjau langsung manuver lapangan latihan Komando Operasi TNI Angkatan Udara (Koopsau) II “Sikatan Daya tahun 2020” di Air Weapon Range (AWR) TNI AU Pandanwangi, Lumajang, Jawa Timur, Selasa (29/09/2020).

KSAU pada kesempatan tersebut menyampaikan, kegiatan latihan ini rutin dilaksanakan setiap tahun guna mengevaluasi dan meningkatkan profesionalisme prajurit TNI AU.

“Latihan Sikatan Daya 2020 ini merupakan akumulasi dari latihan-latihan yang diadakan oleh satuan mulai dari latihan perorangan hingga tingkat satuan jajaran Koopsau II dengan tujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan tempur prajurit TNI AU yang sewaktu-waktu dapat diaplikasikan dalam menghadapi kontinjensi,” kata KSAU.

Latihan bertema “Koopsau II Beserta Satuan Jajarannya Melaksanakan Operasi Udara di Wilayah Koopsau II dalam rangka Mendukung Tugas Pokok TNI”.

Kegiatan latihan melibatkan 706 personel di jajaran Koopsau II dan beberapa kekuatan Alutsista TNI AU diantaranya dari Lanud Sultan Hasanuddin Makassar terdiri dari pesawat Boeing B-737- dari Skadron Udara 5, pesawat Sukhoi SU 27/30 dari Skadron Udara 11, dan pesawat Hercules C-130 H dari Skadron Udara 33.

Selanjutnya dari Lanud Iswahjudi Madiun terdiri dari pesawat F-16 Fighting Falcon dari Skadron Udara 3, pesawat Sukhoi SU 27/30 dari Skadron Udara 14, dan pesawat T-50i Golden Eagle dari Skadron Udara 15.

Sementara dari Lanud Abdulrachman Saleh Malang terdiri dari pesawat C-212 Cassa dari Skadron Udara 4, pesawat EMB-314 Super Tucano dari Skadron Udara 21, dan pesawat C-130 B/H Hercules dari Skadron Udara 32.

Selain itu juga latihan ini melibatkan Pasukan Khas Angkatan Udara (Paskhasau) sebagai Pengendali Tempur (Dalpur) dan Satuan Tempur (Satpur).

Pada latihan Sikatan Daya 2020 ini Kasau beserta undangan menyaksikan secara langsung pesawat tempur TNI AU bermanuver seperti Air Combat Manuver, Recce, Bombing dan Rocketing, air refeuling, penerjunan pasukan, dan penerjunan bekal ulang.

Hadir pada acara tersebut, Para Asisten KSAU, Pangkohanudnas, Pangkoopsau II, Dankorpaskhas, Pangdam V Brawijaya, Pangkoarmada II, Pangdiv II Kostrad, para Kepala Dinas jajaran Mabesau, Danlanud IWJ, Danlanud ABD, dan para pejabat daerah Kabupaten Lumajang.