Tupdik Seskoau A-57, KSAU: Tumbuh Kembangkan Budaya Lifelong Learning

0

Koran Jurnal, Jakarta – Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., menginginkan agar para alumnus Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Udara (Seskoau) A-57 untuk tumbuh kembangkan budaya lifelong learning sebagai prinsip dalam mencari ilmu dan wawasan. Di samping itu, juga senantiasa meningkatkan kualitas diri dan bersikap adaptif terhadap perkembangan teknologi yang sebisa mungkin dapat dimanfaatkan di satuan-satuan yang akan di pimpin.

Hal ini ditegaskan Kasau pada upacara penutupan pendidikan (Tupdik) Seskoau A-57 secara virtual memalui video telekonferensi (Vicon) dari Ruang Auditorium Denma Mabesau Cilangkap, Jakarta, Kamis (12/11/2020).

Lebih lanjut KSAU mengatakan kita sedang berada dalam era lompatan teknologi militer yang sangat cepat, sebagai konsekuensi dari Revolusi Industri ke 4, yang telah ditekankan Presiden RI Bapak Joko Widodo pada peringatan ke-75 HUT TNI.

“Menghadapi lompatan teknologi tersebut sebagai pewira harus segera beradaptasi dan meningkatkan kualitas Sumber daya Manusia agar dapat mengakselerasi berbagai inovasi dan kemajuan di dalam organisasi yang selaras pada kemajuan zaman,” ucap KSAU.

Dengan berakhirnya pendidikan Seskoau, Kasau berharap para mantan perwira siswa sudah siap akan menjadi pemimpin di satuan, jabatan yang diemban adalah sebuah penghargaan atas prestasi pendidikan yang telah ditempuh.

“Para perwira diharapkan dapat mengembangkan wawasan yang seluas luasnya baik melalui pendidikan formal maupun nonformal, sehingga akan semakin siap dalam menghadapi berbagai perkembangan dan dinamika yang ada,” tambah KSAU.

Pendidikan Seskoau A-57 TP 2020 diikuti 150 orang Perwira Siswa, terdiri dari 140 Pamen TNI AU termasuk 15 orang Wara, 2 Pasis TNI AD, 2 Pasis TNI AL, 2 Pasis Polri, dan 4 Pasis mancanegara dari Amerika Serikat, India, Malaysia, dan Singapura.

Lulusan terbaik meraih predikat Widyatama Mayor Pnb Rahman Fauzi, S.T., jabatan Pamen Lanud Hasanuddin, kemudian Mayor Tek Ardian Infantono, S.Kom., M.Eng., jabatan Dosen Gol V Akademi Angkatan Udara sebagai penyusun Taskap terbaik meraih Sastratama.

Sebelum upacara Tupdik A-57 dilaksanakan pembekalan Kasau, kepada para Perwira Seskoau A-57.

Dalam pembekalannya melalui virtual Kasau menyampaikan tentang perkembangan lingkungan strategis baik secara global maupun regional, merupakan faktor yang paling menentukan dalam menghasilkan kebijakkan pertahanan negara, khususnya dalam penentuan keputusan untuk memperkuat alutsista matra udara.

TNI AU terus berkomitmen untuk membangun dan mengembangkan kemampuan tempur yang terintegrasi, dengan mengacu pada postur kekuatan dan rencana strategis yang disesuaikan dengan kondisi perekonomian negara. Saat ini kita berada di Renstra IV dan MEF III, tahun 2020 sampai tahun 2024, pada tahapan ini merupakan periode terakhir yang harus direalisasikan.

Turut hadir dalam upacara tersebut Wakasau, Irjenau, para Asisten Kasau, Danseskoau, Danpuspomau, dan para Kadis jajaran Mabesau.(disp/red)