Peringatan HUT Ke-69 Korps Baret Merah, “Kopassus Untuk Indonesia Maju”

0

Koran Jurnal, Jakarta – Komandan Jenderal (Danjen) Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Mayjen TNI Mohamad Hasan memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-69 Kopassus tahun 2021, di Markas Kopassus, Cijantung, Jakarta. Jum’at (16/04/2021). Upacara peringatan HUT ke-69 Korps Baret Merah ini juga diadakan secara virtual yang diikuti oleh jajaran Kopassus di beberapa daerah.

“HUT ke-69 Kopassus kali ini mengambil tema ‘Kopassus Untuk Indonesia Maju’,” cetus Danjen Kopassus saat membacakan amanatnya dalam upacara tersebut.

Hasan menjelaskan, dengan tema tersebut diharapkan terwujudnya Kopassus yang adaptif, Profesional, Modern dan Tangguh dalam operasi khusus sebagai penangkal, penindak dan pemulih terhadap setiap bentuk ancaman baik dari dalam dan luar negeri.

“Serta sebagai satuan yang terpercaya, kuat, solid, unggul dan dicintai rakyat guna mewujudkan Indonesia Maju,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Danjen Kopassus mengungkapkan, kegiatan peringatan HUT ke-69 Kopassus pada tahun 2021 dilaksanakan secara sederhana dan internal. 

“Tidak seperti 2 tahun ke belakang yang menggelar berbagai event nasional dan upacara parade dengan mengundang para Sesepuh, Tokoh Nasional dan Perwakilan Negara-negara Sahabat,” ungkapnya.

Hal ini disebabkan kondisi Bangsa Indonesia yang saat ini sedang berjuang bersama-sama menghadapi Pandemi Covid 19.

“Sehingga Kopassus juga terus berupaya mendukung pemerintah dalam rangka penanggulangan Paripurna Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional guna menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa menuju Indonesia Maju,” lugasnya.

Selain menggelar upacara secara virtual, tambah Hasan, Kopassus juga mengadakan bakti sosial di satuan jajaran Kopassus berupa penyerahan paket sembako sebanyak 6900 paket sembako.

“Angka 69 sesuai dengan usia Kopassus yang dilakukan secara serentak kepada desa-desa binaan di jajaran satuan Kopassus,” ujarnya.

Berikut kegiatan baksos pembagian paket Sembako diantaranya: Makopassus, Grup 3 dan Satuan 81 Kopassus akan dibagikan 3000 paket kepada warga binaan di wilayah Kelurahan Baru, Kelurahan Cijantung, Kelurahan Pekayon, Kelurahan Tanjung Barat dan Kelurahan Ciracas. Sedangkan Paket sembako untuk Grup 1 akan dibagikan 2500 paket di wilayah Serang Kompleks, Grup 2 Kopassus di Kartasura akan diserahkan 800 paket dan Pusdiklatpassus dibagikan 600 paket sembako di wilayah Kec. Batujajar, Bandung Barat dan sekitarnya.

Sebelumnya banyak rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam rangkaian HUT ke-69 Kopassus, antara lain :

1) Tanggal 23 Maret 2021 : Pertandingan Bulu Tangkis, di Gd Nanggala, Cijantung (Intern)

2) Tanggal 3 April 2021 : Komando Trail di Grup 1 Kopassus, Serang (donor darah, peresmian rumah tidak layak huni dan jembatan, penghijauan, pengobatan gratis,pembagian sembako)

3) Tanggal 4 April 2021 : Golf bersama sesepuh Korps Baret Merah di Bukit Pelangi Golf Club, Bogor

5) Tanggal 5 April 2021 : Komando Warrior di Lap Gatot, Cijantung (intern)

6) Tanggal 8 April 2021 : Pemecahan Rekor MURI Pematahan Benda Keras Terbanyak dengan Mata tertutup (69 titik) di Lap Upacara Makopassus, Cijantung.

7) Tanggal 8 April 2021 :Pertandingan Tenis lapangan (Intern)

8) Tanggal 9 April 2021 :Pertandingan Tenis Meja di Gd Nanggala, Cijantung (intern)

9) Tanggal 9 April 2021 : friendly match basketball bersama artis 

10) Tanggal 10 s.d. 11 April 2021 : Lomba menembak IPSC Danjen Kopassus Open di Grup 2 Kopassus, Solo dan kegiatan Bakti sosial di Klaten 

11. Tanggal 11 April 2021 Lomba renang antar RW di Ksatrian A. Yani Cijantung

12. Tanggal 11 April 2021 Lomba paduan Suara (lagu Hymne komando ) tingkat SMP dan SMA antar RW Ksatrian A.Yani Cijantung

13. Tanggal 15 April 2021, mengheningkan Cipta di Sasana Kusuma Bangsa Makopassus Cijantung

14. Anjangsana ke Sesepuh Korps Baret Merah 

Untuk diketahui, Korps Baret Merah ini juga telah memperoleh sejumlah prestasi hingga mendapatkan rekor dari MURI. Yakni diantaranya:

1) Grup1 Kopassus dan Grup 3 Kopassus berhasil memperoleh prestasi dari Kementerian Reformasi Birokrasi sebagai satker peraih penghargaan tingkat nasional wilayah bebas korupsi dalam rangka pembangunan zona integritas TA 2020.

2) 5 Desember 2020 Pemecahan Rekor MURI Pengibaran Bendera TNI AD terbesar dengan tehnik Canopy formasi side by side.

3) Tanggal 8 April 2021 : Pemecahan Rekor MURI Pematahan Benda Keras Terbanyak dengan Mata tertutup (69 titik) di Lap Upacara Makopassus, Cijantung.(pen/red)