KSAD Andika Perkasa Resmikan Smart Instalasi Tahanan Militer Pomdam Jaya

0

Koran Jurnal, Jakarta – Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa meresmikan Smart Instalasi Tahanan Militer berbasis Information, Communication, Technology atau (ICT).

Dijelaskan KSAD, Smart Instalasi Tahanan Militer ini sebagai salah satu tahanan tercanggih pertama yang di miliki TNI AD.

“Semuanya ini sudah diintegrasikan sedemikian rupa. Satu sangat aman, kedua juga sangat terkendali karena semuanya sudah diprogram, jadi sudah tidak lagi manual penguncian. Kemudian nyala lampu dan semuanya, jadi semuanya sudah diprogram secara elektronik sehingga bisa otomatis,” kata Andika Perkasa di Pomdam Jaya/Jayakarta, Jalan Sultan Agung, Jakarta Selatan, Selasa (20/04/2021).

Selain menjadi kebanggaan TNI, lanjut Andika, instalasi tahanan ini juga dapat mencegah potensi pelanggaran yang ada di tahanan.

“Tidak mungkin lagi ada bullying di dalam, karena segala bentuk gerakan ada analisisnya, dan analisisnya dilakukan oleh artificial intelligence, jadi sudah otomatis,” terangnya.

Adapun Smart Instalasi Tahanan Militer tersebut di bangun diatas tanah seluas 1.500 meter persegi yang dapat menampung sebanyak 83 prajurit binaan.

“Kita berharap karena kami sedang menyusun rencana, semoga kita bisa mendapatkan satu lagi tahun ini dalam hal pengadaannya ya. Kalau pengerjaannya kan membutuhkan waktu,” imbuhnya.

Dia juga meminta Polisi Militer Kodam Jaya dapat memanfaatkan fasilitas ini.

“Saya titip kepada seluruh pejabat di Polisi Militer Kodam Jaya untuk benar-benar memanfaatkan kelebihan dari instalasi tahanan militer ini. Karena memang inilah yang seharusnya kita miliki,” lugas KSAD.(pk/red)