Masyarakat Maritim Ancol Barat Jakarta Utara Jadi Sasaran Serbuan Vaksin Covid-19 TNI Angkatan Laut

0

Koran Jurnal, Jakarta – Sebagai bentuk dukungan terhadap upaya pemerintah dalam penanggulangan Covid-19, TNI Angkatan Laut sangat gencar dalam menggelar serbuan vaksinasi bagi warga masyarakat di berbagai tempat.

Setelah menggelar vaksinasi di berbagai wilayah, pada hari Kamis, (15/07/2021) TNI AL dalam hal ini Pushidrosal menggelar serbuan vaksinasi di wilayah Pademangan, yang dipusatkan di Kelurahan Ancol, Jakarta Utara.

Gelar serbuan vaksinasi di wilayah Pademangan ini, dilaksanakan oleh TNI AL dengan pelaksana lapangan dari Pusat Hidro-oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal). Hadir dalam kegiatan ini aparat pemerintahan dan instansi TNI Polri setempat, serta tokoh masyarakat.

Serbuan vaksinasi covid-19 yang digelar di Kelurahan Ancol ini dilaksanakan dalam rangka turut mensukseskan program satu juta vaksinasi yang dicanangkan oleh Presiden RI Joko Widodo untuk mendukung percepatan pencegahan dan penanggulangan penyebaran covid-19 di Indonesia, dengan sasaran dan target vaksinasi masyarakat maritim di wilayah Pademangan Jakarta Utara.

Pada serbuan vaksinasi kali ini, TNI AL mengerahkan 18 tenaga kesehatan dari Pushidrosal dan tercatat telah melaksanakan vaksinasi terhadap 290 orang menggunakan vaksin Sinovac. Dengan kegiatan ini diharapkan terbentuk herd immunity atau kekebalan komunal di wilayah tersebut.

Danpushidrosal Laksamana Madya TNI Dr. Agung Prasetiawan, M.A.P saat meninjau kegiatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan vaksinasi ini merupakan kerja sama Pushidrosal bersama pemerintah setempat dalam mendukung kebutuhan masyarakat untuk memperoleh vaksinasi.

Sasarannya adalah masyarakat maritim, pelabuhan-pelabuhan, masyarakat pesisir, dan masyarakat nelayan yang betul-betul membutuhkan vaksin terkait dengan pencegahan penyebaran Covid-19.

Selain serbuan vaksinasi ini, TNI AL juga turut aktif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan.

TNI AL tetap menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap membudayakan mencuci tangan memakai sabun dan air mengalir, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan serta membatasi mobilitas dan interaksi sosial.

Hal tersebut dimaksudkan sebagai salah upaya untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, produktif, membangkitkan kembali ekonomi nasional.(disp/red)