Tim Peneliti Ekspedisi Jala Citra I 2021 “Aurora” Bersiap Menuju Laut Halmahera

0

Koran Jurnal, Jakarta – Tim Peneliti Ekspedisi Jala Citra I-2021 “Aurora” Etape I yang bergabung dengan KRI Spica-934 berangkat menuju daerah operasi ekspedisi yaitu Laut Halmahera untuk memulai penelitiannya.

Tim peneliti yang terdiri dari 7 Peneliti dari Kementerian Lembaga (P2O LIPI, P3GL KEM-ESDM, ITB, UGM, Universitas Papua, PT. Hidronav Teknikatama) telah bergabung di KRI Spica-934 sejak hari Kamis (12/08/2021).

Menurut rencana pada hari Jum’at, (13/08/2021) KRI Spica-934 akan bertolak menuju daerah operasi ekspedisi, yaitu Laut Halmahera untuk melaksanakan penelitian di Laut Halmahera dan sekitarnya etape I dari tanggal 13 sampai dengan 23 Agustus 2021. Sebelum bertolak, KRI SPICA-934 sebagai wahana penelitian Ekspedisi Aurora melaksanakan bekal ulang di dermaga XVI Sorong.

Sehubungan dengan kegiatan ekspedisi ini, Tim peneliti telah menyiapkan materi rencana survei dan penelitian untuk pelaksanaan survei di area ekspedisi, serta melakukan diskusi teknis rencana kegiatan survei dan penelitian hidrografi, batimetri, oseanografi serta geofisika pada area yang menjadi fokus utama kegiatan ekspedisi penelitian AURORA di wilayah Halmahera.

Dalam rangka mendukung kelancaran kegiatan ekspedisi, Tim Survei KRI SPICA-934 dan peneliti juga telah melaksanakan uji kesiapan teknis, seluruh peralatan yang akan di siapkan seperti peralatan Magnetometer, Singlebeam Echosounder, Multibeam Echosounder, peralatan water sampling serta ROV. dengan hasil pengujian, seluruh peralatan berjalan dengan baik.

Selain itu, Tim Survei KRI SPICA-934 juga telah mulai melaksanakan kegiatan survei pendukung yang meliputi pengamatan geodetik, pengamatan pasut, pengamatan Meteorologi, pemeriksaan peralatan survei serta Geografi maritim.(disp/red)