Danpushidrosal Buka Pelatihan Pemantapan Pengetahuan Hidro-Oseanografi Pasukan Khusus TNI AL

0

Koran Jurnal, Jakarta – Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) menggelar kegiatan Pemantapan pengetahuan Hidro-Oseanografi (Hidros) bagi pasukan khusus TNI AL wilayah Barat TA 2021, Senin (13/09/2021).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan tentang survei dan pemetaan Hidrografi dan Oseanografi (surta hidros) guna mendukung Pasukan Khusus TNI Angkatan Laut seperti yaitu Detasemen Jalamangkara (Denjaka), Batalyon Intai Amfibi (Taifib), serta Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) dalam rangka menyiapkan pantai pendaratan dan data geografi maritim serta geografi intelijen.

Diharapkan, melalui pemantapan pengetahuan hidro-oseanografi tersebut dapat meningkatkan profesionalitas prajurit TNI Angkatan Laut, khususnya yang berdinas dan bertugas di pasukan khusus TNI Angkatan Laut.

Ada beberapa sasaran yang ingin dicapai dari pelaksanaan kegiatan ini antara lain; para peserta mampu melaksanakan pengumpulan data Hidro-oseanografi dengan peralatan yang dimiliki, mampu melaksanakan manajemen data Hidros terbatas, mampu menginterprestasikan data sekunder (spasial dan non spasial), serta mampu membuat lembar lukis lapangan pantai pendaratan dengan baik dan benar.

Komandan Pushidrosal dalam sambutan pembukaannya antara lain menyampaikan bahwa Data dan Informasi Hidro-oseanografi yang dihasilkan melalui survei Hidros diperlukan bagi operasi pasukan khusus TNI AL dalam rangka pemenuhan dukungan Pushidrosal terhadap operasi tempur berupa penyiapan data untuk pantai pendaratan, serta peta-peta militer seperti peta tempur gabungan (PTG), Peta Pendaratan Amfibi (PPA) dan lainnya.

Selanjutnya Komandan Pushidrosal juga menegaskan, guna memperoleh informasi data hidro-oseanografi yang tepat, maka pasukan Khusus TNI AL perlu dibekali pengetahuan dan ketrampilan dalam pengumpulan data Hidros. Pengetahuan tersebut bertujuan untuk mendapatkan informasi pantai pendaratan serta data geografi maritim dalam kegiatan pengumpulan data berupa cuaca, medan dan musuh.

Pemantapan Pengetahuan Hidros tersebut dilaksanakan pada tanggal 13-18 September 2021, diikuti oleh 26 pasukan khusus TNI AL wilayah Barat yang terdiri dari Detasemen Jalamangkara (Denjaka) 8 orang, Batalyon Intai Amfibi (Taifib) 9 orang, serta Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) 9 orang..

Adapun Kegiatan pemantapan akan dilaksanakan di dua lokasi yaitu untuk pelajaran teori dilaksanakan di Pusdikhidros Jakarta, serta untuk proses pembelajaran praktek dilaksanakan di Posal Tanjung Pasir kabupaten Tangerang.(disp/red)