Peringati HUT Ke-76 TNI AL, Pushidrosal Gelar Doa Bersama Lintas Agama

0

Koran Jurnal, Jakarta – Dalam rangka memperingati HUT ke-76 TNI AL, Pushidrosal menggelar Doa Bersama Lintas Agama di Mako Pushidrosal, Jalan Pantai Kuta V/1 Ancol Timur Jakarta Utara, Kamis (23/09/2021). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh jajaran TNI Angkatan Laut secara serentak baik di darat maupun di atas kapal perang (KRI) yang sedang berlayar.

Doa bersama Lintas Agama tersebut dipusatkan di KRI Semarang-594 yang sedang berlayar di Perairan Jakarta bersama Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dan diikuti oleh seluruh jajaran TNI AL melalui video Conference (Vicon).

Dalam amanatnya KSAL menjelaskan gelar doa bersama ini adalah sebagai wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena kita masih diberikan kesehatan, kekuatan dan kelancaran dalam melaksanakan pengabdian kepada Negara dan Bangsa sebagai benteng dan pengawal Samudera Nusantara sesuai Tugas, tanggung jawab dan agama kita masing-masing.

Pada kesempatan ini pula kita juga mendoakan dan mengenang jasa-jasa para pahlawan samudera dan pahlawan kusuma bangsa yang telah berjuang untuk kebesaran bangsa dan Negara. Diketahui bersama bahwa dengan adanya Pandemi Covid-19 telah menimbulkan berbagai dampak di segala bidang, baik ekonomi, kesehatan, maupun kondisi sosial masyarakat, termasuk pertahanan dan keamanan.

Sebelum mengakhiri sambutannya KSAL juga mengharapkan terpaan ujian pandemi ini jangan sampai menyurutkan semangat Prajurit TNI AL untuk terus mengabdi dan mengawaki sistem senjata armada terpadu, kuncinya terletak pada mental dan spiritual para prajurit guna mendukung pemerintah dalam penanganan Covid-19 dan percepatan pemulihan Ekonomi.

Doa bersama Lintas Agama untuk Negara dan Bangsa ini dipimpin oleh Habib Muhammad Lutfi bin Hassin bin Yahya, juga dihadiri oleh perwakilan agam Kristen Pendeta Gumar Gultom, Mth., mewakili dari Agama Katholik Romo Yoseph Maria Marvelinus Bintoro, PR, mewakili Agama Hindu Mayjen Purn Wisnu Bawa Tanaya, mewakili Agama Budha Biksu Samantha Kosala dan mewakili agama Konghucu Ws. Liliani Pontoh.

Acara diakhiri dengan pemberian Cinderamata yang diberikan oleh KSAL sebagai ucapan terima kasih kepada para tokoh agama yang hadir, dilanjutkan dengan foto bersama dan ramah tamah. Selanjutnya kembali ke Dermaga JICT II Tanjung Priok.(disp/red)