Ratusan Masyarakat Nelayan Perairan Teluk Jakarta Terima Serbuan Vaksinasi TNI AL di KRI Pollux 935 dan PLTU Priok

0

Koran Jurnal, Jakarta – TNI Angkatan Laut dalam hal ini Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) kembali melaksanakan serbuan vaksinasi massal Covid-19 untuk masyarakat maritim dan sekitarnya. Serbuan vaksinasi TNI AL kali ini menyasar pada masyarakat nelayan yang aktivitas kesehariannya mencari ikan di kawasan perairan laut utara Jakarta.

“Dalam kesempatan ini atas ijin Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) (Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.), Pushidrosal melaksanakan serbuan vaksin di perairan utara atau teluk Jakarta, dalam rangka vaksinasi terhadap masyarakat maritim khususnya masyarakat nelayan,” kata Komandan Pushidros TNI Angkatan Laut (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Agung Prasetiawan M.A.P, kepada wartawan disela-sela kegiatan vaksinasi.

Danpushidrosal mengungkapkan, TNI AL tanpa mengenal lelah terus menggencarkan serbuan vaksinasi masyarakat maritim di sejumlah wilayah dalam rangka percepatan pemerataan vaksinasi Covid-19 program pemerintah dan mewujudkan Herd Immunity (kekebalan komunal masyarakat), serta pemulihan kondisi sosial dan ekonomi masyarakat.

“TNI Angkatan Laut tidak henti-hentinya terus melaksanakan serbuan vaksin Covid-19 guna mendukung program pemerintah untuk segera semaksimal mungkin memvaksinasi masyarakat seluruh Indonesia,” kata Danpushidrosal kepada wartawan disela-sela kegiatan vaksinasi.

Serbuan vaksinasi TNI AL dengan sasaran masyarakat nelayan ini diadakan bekerjasama dengan pihak Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanjung Priok dan digelar di dua lokasi yakni di atas kapal KRI Pollux 935 dan di kompleks PLTU.

Dari pantauan pewarta di lokasi, tampak antusias ratusan masyarakat nelayan menerima dosis vaksin yang disediakan TNI AL. Adapun jumlah vaksin sebanyak 300 dosis vaksin jenis Sinovac.

“Ada dua kegiatan, yang pertama di teluk Jakarta dengan KRI Pollux 935. Antusiasnya cukup banyak, ada beberapa nelayan yang sedang menangkap ikan di laut langsung berhenti dan melaksanakan vaksin. Kemudian kegiatan kedua di Kelurahan Ancol dan Gedung Olahraga Patra Jaya,” jelas Danpushidrosal.

Pelaksanaan serbuan massal vaksinasi melibatkan puluhan tenaga kesehatan gabungan diantaranya dari Pushidrosal menerjunkan 9 tenaga kesehatan (Nakes) dan didukung Nakes dari PLTU sebanyak 6 orang.

Selain serbuan vaksinasi, Pushidrosal juga membagikan tali asih berupa paket sembako kepada masyarakat nelayan yang telah divaksin. Lanjut Danpushidrosal juga tidak bosan-bosannya mengingatkan kepada masyarakat supaya tetap menjalankan protokol kesehatan meskipun jumlah paparan Covid-19 sudah menurun.

“Kami mengimbau masyarakat dengan vaksin ini bisa terus menjadi masyarakat yang sehat, masyarakat yang terlindungi oleh vaksin Covid-19 dengan harapan tetap melaksanakan protokol kesehatan menggunakan masker, menjauhi kerumunan, mencuci tangan, mengurangi mobilisasi,” imbau Danpushidrosal.

Hadir mendampingi Danpushidrosal dalam kegiatan serbuan vaksinasi, pejabat utama Pushidrosal, Lurah Ancol, pejabat PLTU, dan unsur TNI-Polri.(red)