TNI AL Gandeng Puskesmas Pakis Jaya Gelar Serbuan Vaksinasi Covid-19 di Tanjung Pakis Karawang

0

Koran Jurnal, Karawang – Serbuan vaksinasi massal Covid-19 yang digencarkan oleh TNI Angkatan Laut sebagai pelaksana lapangan Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) terus digencarkan. Kali ini menyasar masyarakat maritim dan pesisir wilayah Karawang, yang pusat kegiatannya digelar di Kantor Desa Tanjung Pakis, Jalan Raya Tanjung Pakis, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Rabu (29/09/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan perintah langsung Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., sebagai salah satu sumbangsih TNI AL dalam mempercepat penanganan penyebaran Covid-19 di wilayah maritim ataupun pesisir yang belum tersentuh ataupun jarang dilaksanakan vaksinasi Covid-19. Hal tersebut juga bertujuan untuk membentuk kekebalan komunal (Herd Immunity) khususnya di daerah tersebut, sehingga diharapkan dapat meningkatkan produktivitas sosial dan ekonomi secara nasional.

Sebagai Pelaksana Kegiatan, Dinas Kesehatan (Diskes) Pushidrosal menurunkan 1 tim Tenaga Kesehatan (Nakes) berjumlah 15 Personel yang didukung oleh 8 orang personel dari Puskesmas Pakis Jaya, Tanjung Pakis, Karawang.

Target dosis Vaksin yang disiapkan untuk kali ini sebanyak 500 orang, yang diperuntukan bagi anak-anak berusia 12-17 Tahun, dewasa usia 18 tahun serta Ibu hamil. Adapun jenis Vaksin yang digunakan adalah jenis vaksin Sinovac (Coronavac) Tahap I.

Vaksinasi ini bersifat terbuka dan gratis bagi masyarakat umum di wilayah Tanjung Pakis dan sekitarnya. Bagi masyarakat yang ingin divaksin harus menyertakan KTP/KK asli dan fotocopy. Dalam tahapan vaksinasi, masyarakat yang datang melaksanakan pendaftaran sebagai peserta vaksin, pendataan atau proses screening, dilanjutkan pengecekan suhu dan cek tensi, selanjutnya dilaksanakan penyuntikan vaksin covid-19. Setelah dilaksanakan vaksinasi maka peserta vaksin akan di observasi selama 30 menit untuk melihat kejadian pasca vaksin.

Antusias masyarakat yang datang untuk mengikuti program vaksinasi massal tersebut sangat tinggi, terlihat dari ramainya calon peserta vaksin dari beberapa tempat sekitar wilayah Tanjung Pakis yang datang menyerbu tempat vaksinasi yang diselenggarakan oleh Pushidrosal. Pendaftaran dibuka mulai Pukul. 09.00 Wib sampai dengan selesai. Pelaksanaan kegiatan ini tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.(disp/red)