Danpushidrosal Tinjau Pelatihan Peningkatan Kompetensi Surveyor Hidrografi Personel Ditnav Kemenhub

0

Koran Jurnal, Jakarta – Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Dr. Agung Prasetiawan, M.A.P., meninjau Kegiatan pelatihan peningkatan kompetensi surveyor hidrografi kenavigasian personel direktorat kenavigasian Ditjen Hubla di ruang rapat Kantor Pelindo Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara, Jum’at (10/12/2021).

Peninjauan Danpushidrosal yang didampingi Asisten Operasi Survei dan Pemetaan (Asopssurta) Danpushidrosal Laksma TNI Dyan Primana Sobaruddin, M.Sc ini dimaksudkan untuk mengetahui dari dekat dan perkembangan kegiatan Pelatihan peningkatan kompetensi surveyor hidrografi kenavigasian personel Ditnav yang saat ini sedang berlangsung. Hadir dalam kunjungan tersebut KSOP Pelabuhan Sunda Kelapa Chaerul dan Perwakilan dari Pelindo.

Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan serta peningkatan kompetensi personel direktorat kenavigasian tentang hidrografi praktis, dengan materi yang diajarkan di antaranya penoperasian Multibeam echo sounder, Pengetahuan dasar pasang surut, Pengukuran arus dan pasang surut, Kontrol horizontal dan Kontrol vertical, Penentuan posisi dengan GPS, Hidrografi utk peta laut, Operasi survei, Latihan praktek surta hidro serta Wash up dan uji kompetensi.

Kegiatan berlangsung selama 1.5 bulan atau 280 jam pelajaran dengan 40% teori dan 60% praktek. Pelatihan akan berlangsung dari tanggal 11 November sampai dengan 20 Desember 2021. Pelatihan dilaksanakan di dua lokasi yaitu tanggal 11 November 1 Desember 2021 dilaksanakan di Hotel D’naya Bogor dilaksanakan berupa proses pembelajaran kelas dan praktek. Sementara tanggal 2 Desember sampai dengan 13 Desember 2021 dilaksanakan latihan praktek di pelabuhan Sunda Kelapa.

Adapun peserta pelatihan berjumlah 25 orang yang berasal dari Ditnav daerah seluruh Indonesia, dengan Instruktur dari Pushidrosal.(disp/red)