KSAU Buka Rapim TNI AU 2022

0

Koran Jurnal, Jakarta – Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P membuka Rapat Pimpinan TNI AU (Rapim TNI AU) Tahun 2022 di Gedung Suharnoko Harbani Mabesau, Cilangkap, Jakarta, Jum’at (4/3/2022).

Rapim TNI AU 2022 merupakan tindak lanjut dari Rapim Kementerian Pertahanan RI dan Rapim TNI-Polri yang telah berlangsung beberapa hari lalu.

Dalam sambutannya KSAU mengatakan, perlu adanya pembahasan terkait sejumlah penekanan penting Presiden RI, Menteri Pertahanan RI dan Panglima TNI pada Rapim sebelumnya, yang harus ditindaklanjuti secara selaras, guna pencapaian tugas TNI AU tahun 2022 secara optimal.

Selain menyampaikan ucapan terima kasih, rasa bangga dan penghargaan tertinggi kepada seluruh prajurit TNI AU, atas pencapaian tugas selama tahun 2021, Kasau berpesan agar seluruh prajurit tidak berpuas diri. Hal ini ditekankan Kasau mengingat tantangan tugas ke depan yang dihadapi bangsa Indonesia makin kompleks.

“Saya mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi pengabdian seluruh prajurit TNI AU, yang telah memberikan darma baktinya kepada bangsa dan tanah air. Meskipun demikian, kita tidak boleh berpuas diri, karena tantangan tugas akan semakin kompleks, termasuk tugas membantu pemerintah menghadapi tantangan bangsa Indonesia yang tidaklah mudah,” ungkap KSAU.

Berkaitan dengan visi mewujudkan Angkatan Udara yang disegani di kawasan, KSAU menyadari hal tersebut tidaklah mudah untuk dicapai. Meskipun demikian, tujuan ini secara bertahap dapat diraih, melalui pembangunan organisasi TNI Angkatan Udara.

Dijelaskan oleh KSAU, bahwa hal tersebut dapat terwujud melalui tahapan implementasi kebijakan reformasi struktural yang diimbangi dengan perencanaan yang cermat dan terukur.

KSAU juga menegaskan kembali, bahwa TNI Angkatan Udara akan terus melaksanakan upaya pembangunan organisasi yang senantiasa diiringi dengan peningkatan kinerja, baik secara internal organisasi, maupun kerja sama dengan lembaga pemerintah lainnya. Menurut Kasau, hal tersebut selaras dengan kebijakan pertahanan nasional yang disampaikan oleh Menhan RI pada saat Rapim Kemhan lalu.

“Hal ini saya nilai sangat penting, karena dengan kerja sama yang sinergi dan inklusif, sangat membantu TNI Angkatan Udara dalam pelaksanaan tugas-tugas negara,” ujar KSAU.

Rapim TNI AU tahun 2022, diikuti 116 Komandan Satuan secara offline dan 238 secara online. Para komandan satuan tersebut dari semua tingkatan, mulai dari pejabat Mabesau, para Pangkotama, para Pangkolakops, Komandan Lanud hingga Komandan Skadron dan Yonko Kopasgat, serta pimpinan UO non TNI AU, yaitu Lemhanas, Kemhan, Kogabwilhan II, Sesko TNI, BNPP, serta para LO Kodam dan Kostrad.

Selama mengikuti Rapim TNI AU, seluruh peserta melaksanakan Prokes secara ketat. Materi Rapimau disampaikan oleh sejumlah nara sumber, yaitu dari Kejaksaan Agung RI, Bapenas RI, BPK RI dan dari Lemhanas RI.

Adapun tema Rapim TNI AU 2022 adalah, “Peningkatan Pembinaan Kekuatan dan Kemampuan TNI Angkatan Udara, dalam mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural”.(disp)