Aksi Donor Darah Mutiara Pattimura Bukti TNI AD Hadir sebagai “Prajurit Pelindung dan Perekat Bangsa”

0

Koran Jurnal, Maluku – Banyak cara yang dapat dilakukan dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun suatu instansi. Misalnya dengan menggelar kegiatan bakti sosial yang berdampak positif untuk masyarakat, salah satunya dengan donor darah. Banyak manfaat yang diperoleh jika rutin mendonorkan darah, tak hanya bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan, pendonor juga mendapatkan manfaat bagi kesehatan.

Aksi donor darah digelar untuk Prajurit Kodam XVI/Pattimura dan Anggota Persit KCK PD XVI/Pattimura yang berlangsung di Rumah Sakit Tentara (RST) TK II dr. J.A Latumeten, Kamis (12/05/2022).

Kegiatan donor darah ini merupakan rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-23 Kodam XVI/Pattimura tahun 2022, selain juga sebagai bentuk kepedulian dari Kodam XVI/Pattimura bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Ambon dalam pemenuhan kebutuhan stok darah untuk membantu masyarakat yang membutuhkan darah di masa sulit akibat Pandemi Covid-19. Hal ini mencerminkan Prajurit Kodam XVI/ Pattimura peduli terhadap sesama, dengan program Mutiara Pattimura TNI AD selalu hadir ditengah-tengah kesulitan rakyat sebagai “Prajurit Pelindung Dan Perekat Bangsa.”

Terpantau, selama pelaksanaan kegiatan yang mengusung tema “Dua Puluh Tiga Tahun Pengabdian, Kodam XVI/Pattimura Bertekad Hadir membawa Solusi Sebagai Prajurit Pelindung dan Perekat Bangsa ini, para pendonor yang terdiri dari Prajurit dan Persit ini tetap mematuhi Protokol kesehatan Covid-19. Dari 100 kantong yang disediakan PMI, diperoleh kurang lebih 150 kantong darah dalam kegiatan ini.

Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon diwakili Kasdam XVI/Pattimura, Brigjen TNI Stepanus Mahury didampingi Wakil Ketua Persit KCK Daerah XVI/Pattimura, meninjau langsung pelaksanaan kegiatan donor darah tersebut, sekaligus turut mendonorkan darah nya. Sehingga memotivasi dan menambah semangat  bagi pendonor darah yang lain. Turut hadir, Irdam XVI Pattimura, Brigjen TNI Muhamad Muchidin beserta ibu dan sejumlah PJU Kodam XVI/Pattimura.

Selain donor darah, kedepannya dalam rangkaian HUT ke-23, Kodam XVI/ Pattimura diagendakan beberapa kegiatan lainnya, seperti anjangsana, ziarah rombongan ke TMP Kapahaha hingga acara puncak yakni memecahkan rekor MURI makan Papeda diatas Jembatan Merah Putih.(pen)