Pushidros TNI AL Terima Kunjungan Mahasiswa Departemen Geografi FMIPA UI

0

Koran Jurnal, Jakarta – Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) menerima kunjungan 68 mahasiswa Departemen Geografi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Indonesia di Ruang Serba Guna Pushidrosal, Ancol Timur, Jakarta Utara, Kamis (5/1/2022).

Kedatangan rombongan mahasiswa yang didampingi oleh 4 dosen pembimbing tersebut diterima langsung oleh Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat.

Kegiatan kunjungan ekskursi bertujuan untuk memahami proses pengumpulan data batimetri dan parameter Oseanografi serta pembuatan peta laut Indonesia yang selama ini dilaksanakan oleh Pushidrosal.

Dalam sambutannya, Danpushidrosal menyampaikan tentang tugas Pushidrosal, yaitu menyelenggarakan operasi survei pemetaan Hidro-Oseanografi militer maupun nasional yang meliputi survei, penelitian, pemetaan laut, publikasi, penerapan lingkungan laut, dan keselamatan navigasi pelayaran serta menyiapkan data dan informasi di wilayah perairan dan yurisdiksi nasional dalam rangka mendukung kepentingan TNI maupun publik untuk pertahanan negara dan pembangunan nasional.

Tugas dan tanggung jawab yang diemban oleh Pushidrosal sangatlah tidak ringan karena harus mampu memenuhi tuntutan kritikal publik dalam menyiapkan data, informasi Hidro-Oseanografi di seluruh perairan NKRI dengan akurat, mutakhir dan terpercaya.

Lebih lanjut, di bidang penelitian kelautan, Pushidrosal melaksanakan fungsi penelitian kelautan yang dapat dikembangkan sesuai spesifikasi fungsi Pushidrosal pada bidang Hidrografi, Oseanografi, lingkungan laut dan geo dinamika laut, hal ini dilaksanakan dengan departemen dan non departemen baik nasional maupun internasional, perguruan tinggi, pertamina termasuk pariwisata laut dan sebagainya.

Di akhir acara, para mahasiswa berkesempatan untuk mengunjungi dinas-dinas di lingkungan Pushidrosal, antara lain Dinas Hidrografi, Dinas Oseanografi dan Meteorologi, Dinas Pemetaan, Indonesian Hydrographic Data Center (IHDC) serta Dinas Produksi dan Distribusi.(disp)