Pushidros TNI AL Peringati Hari Dharma Samudera 2023

0

Koran Jurnal, Jakarta – Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) melaksanakan upacara peringatan Hari Dharma Samudera tahun 2023 bertempat di lapangan apel Mako Pushidrosal, Ancol Timur, Jakarta Utara, Senin (16/1/2023).

Bertindak selaku inspektur upacara pada kegiatan tersebut Wakil Komandan Pushidrosal (Wadanpushidrosal) Laksamana Muda TNI Budi Purwanto yang diikuti oleh peserta upacara dari Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS di jajaran Pushidrosal.

Dalam amanatnya, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali yang dibacakan oleh Wadanpushidrosal mengatakan, bahwa peringatan Hari Dharma Samudera sebagai momentum untuk mengenang kepahlawanan para pejuang laut yang telah mendharmabhaktikan, bahkan merelakan hidupnya demi kejayaan bangsa dan negara.

Lebih lanjut dikatakannya, semangat juang Komodor Yos Sudarso bersama prajurit RI Matjan Tutul di laut arafuru melawan penjajah Belanda dalam pertempuran merebut Irian Barat dari tangan penjajah ketika itu, dengan lantang berseru “Kobarkan Semangat Pertempuran!!!”.

Peristiwa heroik itu merupakan teladan sempurna dari sikap ksatria, semangat patriotisme, jiwa korsa, rela berkorban dan perjuangan tanpa pamrih para pahlawan-pahlawan samudera yang harus terus di abadikan dalam setiap hati sanubari prajurit Jalasena dan generasi penerus bangsa.(disp)